Tanda-tanda Awal Hamil Kembar

Kehamilan bayi kembar bukan hal yang mustahil untuk diketahui sejak awal. Banyak orang yang menganggap tanda hamil kembar hanya bisa diketahui setelah trimester kedua, padahal sebenarnya dari awal kehamilan juga sudah bisa terdeteksi jika hamil kembar. Tanda-tanda Awal Hamil Kembar tidak jauh berbeda dengan tanda kehamilan pada umumnya, tapi tentu saja ada yang membedakannya. Hamil satu bayi dan lebih dari satu bayi akan terasa sejak awal kehamilan, hal ini tentunya hanya dirasakan oleh sang Ibu.

Tanda-tanda Awal Hamil Kembar

Tanda-Tanda Hamil Kembar Pada Trimester 1

Sejak trimester pertama kehamilan bayi kembar sudah bisa terdeteksi dan dirasakan oleh sang ibu. Berikut Tanda-tanda Awal Hamil Kembar yang bisa dirasakan oleh sang ibu.
  • Morning Sickness Sepanjang HariTanda awal kehamilan kembar yang mudah diamati dan dirasakan adalah mengalami morning sickness setiap hari. Tidak hanya terjadi di pagi hari saja tapi bisa terjadi sepanjang hari dari pagi sampai malam. Hal ini disebabkan karena hormon ibu hamil meningkat drastis.
  • Perut Lebih BesarTanda awal hamil kembar juga bisa dilihat dari pembesaran perut. Ibu yang hamil bayi kembar perutnya akan lebih besar dibandingkan ibu yang hamil tunggal. Usia kandungan satu bulan perut ibu hamil bayi kembar lebih besar seperti sedang hamil 4 bulan.
  • Lebih SensitifIbu yang hamil bayi kembar biasanya akan lebih sensitif. Tanda kehamilan salah satunya bertambah sensitif tapi untuk ibu hamil bayi kembar lebih sensitif. Ibu akan lebih murung dan kurang nyaman. Tidak hanya itu saja, wanita yang sedang hamil kembar intolerir terhadap bau dan makanan tertentu.
  • Berat Badan Bertambah Dengan CepatWajar saja jika hamil berat badan akan bertambah. Wanita yang hamil kembar berat badannya akan bertambah dengan cepat. Tanda-tanda Awal Hamil Kembar ini bisa terlihat ketika tiga bulan pertama.
  • AFP MeningkatAFP atau Alpha Fitoprotein merupakan protein yang dikeluarkan bayi dan ada di peredaran darah sang ibu. AFP akan meningkat drastis pada ibu yang hamil kembar. Tes AFP ini bisa dilakukan setelah 12 sampai 18 minggu kehamilan.
  • Kadar HCGG Naik CepatTanda-tanda Awal Hamil Kembar yang bisa dideteksi sejak awal yaitu kadar HCGG pada ibu hamil. HCGG pada ibu hamil kembar akan naik dengan cepat dibandingkan dengan yang hamil bayi tunggal. Tes ini bisa dilakukan sejak minggu pertama kehamilan.
  • Intuisi Lebih TinggiIbu yang hamil bayi kembar mempunyai intuisi lebih tinggi dan merasa bahwa dirinya sedang hamil kembar. Jangan abaikan jika wanita hamil berkeyakinan hamil kembar karena itu bisa jadi hal yang benar.
  • Merasakan Gerakan Bayi Lebih AwalTanda awal kehamilan kembar salah satunya yaitu ibu akan merasakan gerakan bayi diawal kehamilan. Gerakan ini lebih kuat dan lebih sering dirasakan oleh sang ibu.
  • Cepat Lelah Wanita hamil memang akan mengalami lebih cepat pada biasanya. Hal ini juga dirasakan oleh ibu bayi kembar tapi kelelahannya lebih cepat dibandingkan ketika hamil tunggal.

Apakah Anda merasakan tanda kehamilan kembar seperti diatas? Bisa jadi Anda sedang mengalami hamil kembar. Tanda-tanda Awal Hamil Kembar ini bisa Anda rasakan setelah memasuki satu sampai dua bulan pertama kehamilan, bahkan ada juga yang merasakannya pada minggu awal kehamilan. Keluarga yang mempunyai keturunan bayi kembar mempunyai peluang lebih besar untuk hamil kembar dibandingkan dengan yang tidak ada keturunan kembar.

Subscribe to receive free email updates: