Perhatikan Standar Gula Darah Untuk Hidup Lebih Sehat


Banyak orang yang sering membicarakan mengenai Standar Gula Darah. Standar normal gula darah di dalam tubuh perlu diperhatikan dan selalu dijaga agar kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, yang paling utama adalah penyakit diabetes. Penyakit diabetes terjadi karena kadar gula darah di dalam tubuh sangat berlebihan sehingga tubuh tidak dapat mengolahnya. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sesuatu apapun itu jika berlebihan merupakan hal yang tidak baik. Begitu pula dengan kadar gula darah yang berlebih. Lalu, berapa ukuran kadar gula darah yang normal?

Pada umumnya, standar normal gula darah bagi seseorang adalah dibagi menjadi beberapa kategori. Pertama, Standar Gula Darah puasa normal selama 8 jam adalah 70 – 110 mg/dl. Kemudian ukuran kadar gula darah 2 jam setelah makan sebanyak 100 – 140 mg/dl, dan yang terakhir ukuran secara acak berada pada angka 70 – 125 mg. Berapa kadar gula darah Anda saat ini? Apabila kadar gula darah Anda melebihi angka-angka di atas, terutama lebih dari 200, maka Anda harus waspadai dan harus memperbaiki pola makan maupun pola hidup Anda menjadi lebih sehat lagi. Mulailah dengan mengurangi makanan yang manis-manis, mengganti gula Anda dengan gula non kalori atau rendah kalori, dan rutin olahraga.

Sumber gula atau yang biasa disebut glukosa masuk pada tubuh dari berbagai makanan yang kita konsumsi sehari-hari, ditambah lagi dengan glukosa yang diproduksi oleh hati berupa glikogen. Gula yang telah masuk pada tubuh akan diproduksi agar menjadi energy untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam mengubah glukosa menjadi energy diperlukan insulin, agar glukosa ini masuk ke dalam sel-sel tubuh. Oleh sebab itu, Standar Gula Darah pada manusia ditetapkan dan harus selalu diperhatikan agar Anda dapat terhindar dari penyakit diabetes sejak dini. Terutama bagi Anda yang beresiko terhadap penyakit ini karena penyakit ini biasa diturunkan dari generasi ke generasi jika tidak menjaga standar normal gula darah untuk tetap berada pada angka yang normal.

Seseorang yang terkena diabetes mempunyai produksi insulin yang sangat kurang bahkan sampai ada yang tidak memproduksi sama sekali. Jika hal ini terjadi, maka glukosa dalam darah menjadi berlebihan. Ini akan menyebabkan tubuh kekurangan energy karena glukosa-glukosa tersebut tidak dapat diubah menjadi energy oleh insulin yang sangat kurang atau bahkan tidak ada sama sekali. Dalam hal ini, akibat yang lebih lanjut adalah kerja hati maupun ginjal semakin berat untuk menampung glukosa yang berlebihan, sehingga penyakit diabetes terkadang juga diiringi dengan penyakit-penyakit organ dalam lainnya. Oleh sebab itu, perlu untuk selalu menjaga Standar Gula Darah kita masing-masing untuk hidup yang lebih sehat.

Subscribe to receive free email updates: