Inilah Manfaat Jamu Kencur / Beras Kencur

Apakah Anda tahu apa saja manfaat jamu beras kencur?

Pada kesempatan kali ini kami akan menginformasikannya untuk Anda semua tentang manfaat baik dari jamu beras kencur. Jamu Beras Kencur adalah salah satu minuman tradisional yang biasa dijual keliling atau di toko jamu dan memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Beras kencur yang kita kenal adalah salah satu minuman penyegar khas dari Indonesia terutama daerah Jawa. Minuman ini termasuk dalam kategori jamu karena memiliki khasiat untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Jamu Beras kencur sangatlah populer karena memiliki rasa yang manis dan segar, berbeda dengan rasa jamu yang lain, biasanya pahit dan tidak enak.

Bahan utama untuk membuat beras kencur, adalah beras yang telah dihaluskan dan juga rimpang kencur. Kombinasi bahan dari beras dan kencur mengandung banyak vitamin B yang dapat merangsang lambung sehingga memberikan rasa lapar selain itu jamu ini jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag.

Sedangkan rasa manis dari jamu beras kencur berasal dari gula merah sedangkan bahan kencurnya sendiri menyumbang pada rasa sedikit pedas, untuk menambah rasa pedas dari jamu beras kencur, biasanya banyak orang menambahkan rimpang jahe secukupnya.

Pada umumnya jamu beras kencur terdiri dari rimpang kencur dan tepung beras, rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir.


4 Manfaat Jamu Beras Kencur

Tahukah Anda ada banyak manfaat dari jamu beras kencur? Ternyata jamu beras kencur bermanfaat untuk ibu hamil dan ibu menyusui, mengobati bengkak dan keseleo. Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat dari jamu beras kencur silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Manfaat beras kencur untuk ibu hamil
    Ternyata minum beras kencur selama hamil bisa bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, seperti mengobati batuk, menghangatkan tubuh, menjaga daya tahan tubuh, mengatasi mata pegal dan lelah, mengobati perut mulas, mengobati sakit kepala dan melangsingkan tubuh. Untuk penggunaan beras kencur selama hamil, yang terbaik adalah mengkonsultasikan dahulu pada dokter Anda sebelum meminumnya, walaupun bahan yang digunakan adalah bahan alami.
  2. Manfaat beras kencur untuk bengkak
    Ternyata beras kencur bermanfaat untuk mengobati bengkak loh, cara untuk menggunakannya adalah cara menerapkannya :
    1. Petama Anda menyiapkan bahan-bahannya seperti beras, serai, dan kencur dan jangan lupa dicuci bersih terlebih dahulu.
    2. Setelah itu Anda menghaluskan ketiga bahan tersebut dan tambahkan sedikit air atau secukupnya.
    3. Kemudian Anda membalurkan beras kencur pada kaki yang membengkak dan hindarkan pada bagian yang terdapat luka.
    4. Anda harus melakukan langkah ketiga ini secara teratur setidaknya sebanyak 2 kali sehari setelah mandi sampai bengkak berkurang.
  3. Manfaat beras kencur untuk ibu menyusui
    Sedangkan jika ibu menyusui mengkonsumsi jamu beras kencur akan bermanfaat untuk melancarkan asi, seperti ketika Ibu memakan daun katuk. Sehingga jumlah asi Ibu akan lebih banyak untuk menyusui sang buah hati. Selain itu manfaat jamu beras kencur untuk ibu menyusui juga dapat menghangatkan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh.
  4. Manfaat beras kencur untuk keseleo
    Untuk Anda yang sering mekakukan pekerjaan berat atau olahraga berat pasti sering mengalami keseleo, karena itu Anda pasti akan mencari cara untuk mengobati rasa sakit ini. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan jamu beras kencur.

Berikut ini adalah cara menggunakannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 rimpang Kencur
  • 1 genggam Beras
  • Minyak kayu putih, jika tidak ada bisa diganti parem secukupnya 
  • Air secukupnya.


Cara membuat ramuannya:

  • Anda harus merendam beras direndam terlebih dulu
  • Kemudian Anda mengupas kulit kencur, lalu cuci bersih. 
  • Setelah itu Anda menumbuk atau lumatkan kedua bahannya sampai menjadi bubuk halus.
  • Kemudian Anda tambahkan air secukupnya sehingga membentuk pasta
  • Terakhir Anda tambah minyak kayu putih atau parem.


Cara penggunaannya:
Anda harus membalurkan ramuan kencur di atas bagian tubuh yang mengalami keseleo dan lakukan secara rutin dan teratur sampai rasa sakit hilang.

Subscribe to receive free email updates: