Atasi Kesemutan Pada Ibu Hamil

Tak jarang saat memasuki masa kehamilan sang ibu akan mengalami beberapa masalah kesehatan, salah satunya yakni rasa kebas atau kesemutan. Kesemutan yang terjadi pada Ibu Hamil ini seringkali dirasakan ketika memasuki bulan ke tujuh kehamilan. Kesemutan Pada Ibu Hamil ini disebabkan karena adanya tekanan yang terjadi pada bagian syaraf, dengan tekanan ini dapat terjadi disebabkan pada saat wanita sedang hamil maka memeliki tendensi untuk menimbun cairan. Dan untuk bagian tubuh yang sering terserang kesemutan yakni bagian tangan sering di sebut dengan ‘Carpal Tunnel Syndrome’ atau sindrom lorong karpal.
Untuk Carpal Tunnel Syndrome sendiri di sebabkan oleh perubahan hormonal selama masa kehamilan, Lorong karpal merupakan rongga kecil yang berada di sepanjang pergelangan tangan hingga telapak tangan bagian bawah. Saraf median didalam lorong karpal yang terjepit yang disebabkanoleh pembengkakan serta bertambahnya berat badan ibu hamil dapat memicu rasa kurang nyaman yakni kebas atau kesemutan.

Ibu hamil sebaiknya jangan terlalu khawatir dengan kesmutan yang semakin meningkat pada timester ketiga kehamilan, karena kesemutan akan hilang dengan sendirinya setelah ibu hamil melahirkan. Lalu apa saja gejala Kesemutan Pada Ibu Hamil? Di bawah ini gejalanya :

  1. Pada bagian tubuh tertentu pada ibu hamil terasa seperti mati rasa.
  2. Tangan cenderung terasa lebih lemah.
  3. Munculnya gangguan seperti sulitnya mengkoordinasikan kerja tangan.
  4. Merasakan sakit, nyeri dan sakit untuk menggerakan jari jemari.

Kesemutan Pada Ibu Hamil memang sangat mengganggu aktfitas sehari-hari, dimana ibu hamil sering kali merasa kesulitan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga, baik itu pekerjaan yang ringan maupun agak berat seperti memasak, menyapu dan lain sebagainya. Untuk menghindari kesemutan selama kehamilan, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan:

  1. Gunakan lebih banyak waktu untuk beristirahat serta lakukan posisi tidur yang tepat dan nyaman agar tidak terjadi kesemutan.
  2. Sebaiknya tinggalkan kebiasaan konsumsi kopi serta kebiasaan merokok.
  3. Sering kali ibu hamil mengalami kesemutan sesaat setelah bangun dari tidur. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya ibu hamil menggunakan bantal penyangga khusus agar tidak mengalami kesemutan.
  4. Rutin melakukan peregangan pada bagian tangan yang sering kesemutan.
  5. Ibu hamil lebih disarankan untuk berolahraga senam atau yoga, hal ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi cairan yang ada pada tubuh.
  6. Jika kesemutan kerap kali menyerang, ibu hamil disarankan untuk melakukan akupuntur.
  7. Lakukan suntik kortison di bagian pergelangan tangan.
  8. Apabila kesemutan semakin sering dan bertambah parah segera hubungi dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih lanjut.

Demikianlah tadi ulasam kita kali ini mengenai Kesemutan Pada Ibu Hamil. Dengan informasi di atas semoga kesemutan dapat di atasi sehingga kehamilan dapat berjalan dengan sehat dan lancar sampai persalinan tiba kelak.

Subscribe to receive free email updates: