Apakah Makan Durian Saat Hamil Berbahaya dan Dilarang?

Banyak orang yang bertanya apakah makan durian disaat hamil berbahaya? Buah durian adalah buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan bentuknya yang bulat dan sedikit oval. Buah durian terlindungi oleh kulit durian yang terdiri dari banyak duri yang besar dan tajam. Karena kulitnya tersebutlah buah ini diberi nama durian. Durian memiliki aroma yang khas, bau yang tajam serta menyengat. Banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Tetapi tidak jarang juga orang yang menghindari untuk memakan buah yang satu ini. Alasannya yaitu karena baunya yang menyengat.
Bau yang menyengat yang dihasilkan buah durian memberikan dampak yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang tertarik dan ada juga yang menghindar. Lalu, bagaimana mitos mengenai Makan Durian Saat Hamil yang dilarang? Menurut kabar yang beredar, secara tradisional makan buah durian pada saat hamil memang dilarang. Tetapi hal ini belum mendapatkan klarifikasi langsung dari para ahli. Menurut beberapa penelitian, buah durian tidak berdampak buruk pada masa kehamilan. Lalu makan durian disaat hamil bolehkah? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Bolehkah Makan Durian Saat Hamil?


Secara tradisional mengkonsumsi buah durian yang memiliki rasa manis ini memang dilarang pada saat hamil. Kebanyakan orang mempercayai bahwasanya buah durian ini mampu menghasilkan efek panas yang berlebihan dan hal ini dapat berbahaya pada saat kehamilan. Hal ini dicoba dibuktikan oleh beberapa penelitian pihak medis. Tetapi hasil menunjukkan bahwa tidak ada efek negatif mengkonsumsi buah durian pada saat kehamilan. Walaupun begitu masih banyak orang yang ragu untuk memakan durian disaat hamil.

Buah durian memiliki kandungan gas yang banyak. Selain itu ada juga kandungan kolesterol, glukosa dan juga sedikit alkohol. Setelah Anda mengkonsumsi buah durian, berikut ini ada beberapa dampak negatif Makan Durian Saat Hamil:
  • Gas dalam perut Anda akan menimbulkan kontraksi.
  • Meningkatkan kemungkinan Anda untuk mengalami diabetes. Hal ini terjadi akibat kandungan glukosa dalam durian.
  • Dampak negatif lainnya yaitu adanya efek buruk pada jantung. 
Pada dasarnya tidak ada larangan untuk mengkonsumsi buah durian pada saat hamil. Tetapi bagi Anda yang sedang hamil muda sebaiknya lebih berhati-hati. Banyak pendapat mengungkapkan makan durian disaat hamil muda dapat menyebabkan keguguran. Bagi Anda yang sedang hamil muda, sebaiknya tahan dan tunggu dulu hingga usia kandungan Anda lebih berumur. Tetapi bagi Anda yang benar-benar ingin mengkonsumsi buah ini sebaiknya cukup 1 hingga 2 biji saja. Dengan begitu efek yang diberikan tidak terlalu berlebihan. Makan durian disaat hamil dengan porsi yang kecil tidak akan berbahaya.

Makan durian disaat hamil tua sebenarnya diperbolehkan. Tetapi yang perlu diperhatikan yaitu seberapa banyak porsinya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika Anda mengkonsumsi dalam porsi kecil maka tidak akan berdampak negatif bagi kehamilan Anda. Jangan berlebihan mengkonsumsi buah durian pada saat hamil. Penyakit diabetes dan juga penyakit jantung akan menjadi momok bagi Anda. Tentunya Anda juga tidak ingin kehamilan Anda terjadi masalah yang tidak diinginkan. Baik pada diri Anda sendiri atau pada janin Anda. Memakan buah durian pada saat hamil sebenarnya tidak dilarang. Hanya saja pastikan memakannya dalam porsi yang kecil.

Demikian yang dapat disampaikan mengenai mitos Makan Durian Saat Hamil. Semoga sedikit ulasan ini dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat bagi Anda semua, terimakasih telah membaca artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: