Cara Membuat Jamu Beras Kencur Sehat Alami

Jamu merupakan minuman tradisional yang menyehatkan sejak jaman dahulu. Sering kali dibuat oleh si mbok (orang jawa panggilannya) rasa jamu bervariasi sesuai dengan bahan yang digunakan. Ada rasanya yang sangat pahit ada pula yang sedikit manis. Rata-rata dibuat dengan bahan dan tumbuhan alami, di racik dengan resep turun-temurun sehingga sampai saat ini masih terjaga kualitasnya.


Ini merupakan minuman berkhasiat yang banyak di minuman oleh orang jawa. Dapat dikatakan jamu adalah minuman tradisional khas Jawa yang memiliki khasiat seperti meringankan badan, membuat keringat menjadi wangi, melancarkan haid, memperbanyak ASI, dan masih banyak khasiat yang lainnya.

Beberapa orang mungkin tidak suka dengan jamu karena rasanya yang pahit dan tak enak di mulut. Karena jamu ada banyak sekali namanya, disini akan kita bahas tentang salah satu jamu yang enak dan disukai oleh masyarakat. Jamu beras kencur dengan warna yang khas coklat sedikit putih, memiliki rasa manis dan gurih.

Vitamin yang ada pada jamu beras kencur juga banyak sekali, terutama vitamin B yang sangat bagus sekali untuk kulitas dan dapat pula mengurangi bau keringat yang tak sedap pada tubuh. Bagaimana membuat jamu beras kencur yang sehat dan bagus untuk tubuh? Simak cara buatnya dibawah ini.

Bahan-bahan:
  • 250 gram beras putih 
  • 500 gram kencur 
  • 100 gram gula merah 
  • 200 gram gula pasir 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1 buah jeruk nipis 
  • Secukupnya cengkeh 
  • Secukupnya kayu manis 
  • 1,5 liter air

Langkah membuat Jamu Beras Kencur:
  1. Rendam beras kurang lebih selama 5 jam lalu tiriskan. 
  2. Kupas dan cuci kencur sampai benar-benar bersih, sisihkan. 
  3. Blender hingga halus beras dan kencur, lalu masukkan juga cengkeh dan kayu manis. Bisa juga ditumbuk manual dengan tangan yang ini lebih baik. 
  4. Rebus 1,5 ltr air lalu masukkan gula merah & gula putih. 
  5. Tambahkan bahan yang sudah dihaluskan. 
  6. Beri sedikit garam 
  7. Masak dan aduk-aduk hingga mendidih kurang lebih 20 menit. 
  8. Tunggu hingga dingin, dan siap di minum 2x sehari. 

Dalam meminum jamu tidak sembarangan juga, semua ada aturan dimana ketika anda minum jamu hanya di anjurkan 2x sehari (siang dan malam). Karena jika terlalu banyak minum jamu juga tidak baik bisa mendem kalau orang jawa sebutnya.

Ada beberapa manfaat jamu untuk tubuh, berikut ini kami rangkum dalam beberapa list nomor.
  1. Dapat membuat kulit lebih kencang bagi tubuh. 
  2. Menambah vitalitas tubuh. 
  3. Melancarkan metabolisme dalam pencernaan perut. 
  4. Bisa membuat awet muda. 

Selain untuk kesehatan tubuh ada pula khasiat jamu beras kencur untuk ibu menyusui, seperti:
  1. Menambah jumlah produksi ASI. 
  2. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu yang sedang menyusui. 
  3. Membuat badan menjadi lebih enteng. 

Selain anda bisa membuat dan meminumnya sendiri tidak ada salahnya mencoba membuat jamu beras kencur untuk dijual. Ini akan memberikan anda peluang jika anda berada di tempat orang-orang yang suka dengan jamu tradisonal. Berbagai jamu bisa anda buat terutama yang terkenal jamu daun beluntas, jamu kunir asem, resep jamu sinom, dan masih banyak lagi lainnya.

Subscribe to receive free email updates: