Kumpulan Jamu Tradisional Khusus Wanita

Kumpulan Jamu Tradisional Khusus Wanita ini memang sangat dibutuhkan guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara maksimal. Dengan bahan yang berasal dari alam, tentu penggunaannya terbilang sangat aman dan nyaman meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Seperti apa jenis bahan yang digunakan? Tentu kami akan memberikan rangkuman berupa daftar bahan dan tata cara pembuatan yang benar. Dikarenakan kami menyadur dari beberapa sumber di internet, tentu kami belum mencoba atau membuktikan sendiri hasilnya.

Kumpulan Jamu Tradisional Khusus Wanita

Jamu merupakan racikan atau paduan bahan yang terbuat dari bahan herbal. Minuman kesehatan herbal ini sudah umum dan lazim digunakan secara turun-temurun sehingga membuat tubuh lebih bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Identik dengan kalangan wanita, ada beberapa jenis jamu yang bisa anda konsumsi supaya tubuh lebih terlihat langsing, memperlancar produksi ASI bagi ibu melahirkan, mengatasi keputihan dan masih banyak lagi lainnya. Nah sebagai salah satu referensi resep yang anda butuhkan, berikut beberapa ramuan herbal tradisional yang bisa anda buat sendiri dirumah.

Kumpulan Jamu Tradisional Khusus Wanita

1. Jamu Gepyokan (Uyup-Uyup)

Termasuk salah satu jenis jamu yang bisa memperlancar produksi ASI, jamu gepyokan atau yang juga dikenal dengan uyup-uyup ini mempunyai peranan penting bagi tubuh. Sedangkan untuk komposisi, bahan-bahan yang digunakan berupa : Rimpang jahe, kencur, lengkuas, kunyit, temulawak, cabe puyang, bangle, temugiring, dan juga gula merah. Namun ada pula masyarakat desa yang menambah daun mimba pada pembuatan jamu gepyokan. Untuk resep dan cara membuatnya ialah :
  • Anda siapkan takaran atau porsi semua bahan secukupnya saja kemudian cuci hingga bersih (kecuali gula merah).
  • Tumbuk kasar semua rimpang hingga tercampur rata dan taruh dalam wadah panci. Tambah sedikit air dan peras serta saring hingga air dan ampas terpisah.
  • Selanjutnya rebus air perasan tersebut bersama dengan gula merah hingga mendidih. Jangan lupa untuk ditambah sedikit garam.
  • Angkat rebusan dan tunggu hingga dingin sebelum diminum.

2. Jamu Kunyit Asam

Tidak jauh dari nama yang digunakan, jamu ini mempunyai paduan bahan yang berasal dari rimpang kunyit dan juga buah asam jawa. Dipercaya sangat baik untuk menjaga tubuh tetap langsing dan juga menjaga daya tahan supaya tidak mudah terserang penyakit. Jika anda sedang menjalan program diet, mungkin ramuan ini sangat cocok untuk dijadikan pendukung dalam treatmen anda. Bahan yang digunakan ialah : 5 ons rimpang kunyit, 5 ons asam jawa, 1/4kg gula merah, dan 2 liter air putih. Ada tambahan sedikit garam dapur untuk proses pembuatan.
  • Cuci rimpang kunyit hingga benar-benar bersih dan kemudian dihaluskan (bisa ditumbuk ataupun diblender).
  • Masukkan semua bahan kedalam panci (air, garam, asam jawa, gula merah dan kunyit yang sudah dihaluskan). Kemudian rebus dengan skala api kecil hingga mendidih.
  • Saring dan tunggu hingga dingin supaya ramuan bisa diminum.

3. Jamu Kunci Sirih

Jika membaca nama, tentu anda sudah bisa menebak apa saja bahan pokok yang dibutuhkan untuk meracik ramuan ini. Dikarenakan bahan masih terbilang masih mudah didapat, tentu anda bisa membuat sendiri jamu kunci sirih ini dirumah. Ramuan ini juga mempunyai peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh serta mengatasi berbagai masalah terkait dengan keluhan para wanita. Manfaat tersebut mencakup untuk mengatasi keputihan, mengurangi bau badan, menjaga elastisitas organ kewanitaan dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk bahan yang dibutuhkan ialah : Temu kunci, daun sirih, daun beluntas, serai, rimpang kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, jeruk nipis, gula merah, dan asam jawa. Porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan berikut cara pembuatannya :
  • Cuci dan haluskan semua bahan (kecuali gula merah) sehingga tercampur rata dan bertekstur lembut.
  • Tambah sedikit air kemudian peras dan saring sehingga semua sari pati terpisah dari ampas.
  • Selanjutnya rebus selama 15 menit menggunakan api kecil atau hingga ramuan tersebut mendidih.
  • Diamkan sampai hangat dan beri perasan jeruk nipis dan sedikit asam jawa sebelum diminum.

4. Jamu Asam Temulawak

Ramuan ini dipercaya sangat ampuh dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan bau badan yang tidak sedap. Sama halnya dengan kunci sirih, jamu temulawak asam juga bisa menjadi alternatif pengobatan dari dalam untuk mnegurangi aroma tidak sedap yang ditimbulkan oleh tubuh. Nah, jika melihat dari nama, tentu anda sudah bisa menilai sendiri apa saja bahan baku dari pembuatan jamu yang satu ini. Paduan tersebut terdiri dari 1 ruas rimpang temulawak, asam jawa secukupnya dan juga penambahan gula merah sebagai peredam rasa pahit. Untuk langkah pembuatan ialah :
  • Cuci bersih temulawak kemudian potong atau iris tipis.
  • Rebus dengan 1,5 gelas air bersamaan dengan gula merah serta asam jawa.
  • Tunggu beberapa saat hingga tersisa setengahnya kemudian angkat dan tiriskan.
  • Jika sudah dingin maka jamu sudah siap untuk anda minum.

5. Jamu Penyubur Kandungan

Jika anda membaca nama dari jamu ini, tentu sudah bisa menebak apa saja fungsi atau manfaat yang bisa anda peroleh. Ramuan ini sangat cocok untuk pasangan suami istri yang ingin cepat-cepat memiliki momongan. Dengan kemampuan sebagai penyubur, tentu jamu yang berasal dari paduan bahan khusus bisa diminum secara rutin sebagai salah satu bentu usaha yang anda lakukan. Beberapa bahan yang bisa digunakan ialah Kayu manis, temu kunci, kapulaga, asam jawa, jahe, beras putih, buah (biji) pala, kedawung, jeruk nipis, dan juga rimpang kunyit. Cara pengolahan :
  • Cuci bersih semua bahan yang sudah disediakan kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk.
  • Tambah sedikit air (kira-kira 200cc/ 1 gelas) kemudian disaring dengan kain supaya hasil jamu lebih halus dan tanpa ampas.
  • Rebus dengan api kecil sampai mendidih atau paling tidak selama 15 menit.
  • Angkat dan dinginkan sebelum dikonsumsi.

6. Jamu Bersih Darah

Pada dasarnya jamu ini sudah banyak dijual secara instan dan lebih mudah anda dapat pada gerai atau warung jamu terdekat. Namun ada kemungkinan bahwa jamu tersebut sudah mengandung bahan kimia yang juga menghilangkan kesan alami yang didapat. Jadi dengan membuatnya sendiri dirumah, tentu anda akan lebih mudah memperoleh hasil karena bahan yang digunakan masih segar dan alami. Jamu ini mempunyai manfaat yang cukup baik dalam melancarkan siklus haid, menghilangkan jerawat, membersihkan darah kotor, dan mengaratasi berbagai jenis penyakit kulit. Bahan yang digunakan ialah : Temulawak, Daun Pegagan, Temu Hitam (temu ireng), Daun Sambiloto, Akar alang-alang, Rimpang kunyit, dan daun bidara laut. Jika semua bahan sudah disiapkan, tentu anda bisa lanjut pada proses pembuatan.
  • Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mencuci bersih semua bahan kemudian ditumbuk hingga halus. (bisa juga dengan cara diblender).
  • Tambah air sebanyak 1 gelas (200cc) kemudian disaring dengan kain. (pisahkan air dengan ampas).
  • Rebus hingga mendidih dan diamkan sejenak hingga hangat.
  • Tambah juga sedikit garam sebelum diminum.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Kumpulan Jamu Tradisional Khusus Wanita. Semoga dilain kesempatan kami bisa melakukan update dan melampirkan informasi yang lebih detail. Share juga dengan teman-teman yang lain ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: