Cara Mengolah Temulawak Yang Baik Dan Benar

Cara Mengolah Temulawak Yang Baik Dan Benar membutuhkan langkah-langkah yang sesuai sehingga hasil yang nantinya diperoleh bisa lebih maksimal. Memang pada dasarnya rimpang ini sudah umum digunakan sebagai jamu. Namun tentu anda juga harus tahu tentang cara membuat dan mengkonsumsi supaya apa yang di inginkan bisa tercapai sesuai dengan niat anda di awal. Seperti apa dan bagaimana cara mengolah temulawak sebagai ramuan herbal? Berikut rincian selengkapnya!

Cara Mengolah Temulawak Yang Baik Dan Benar

Temulawak merupakan salah satu jenis rimpang yang mempunyai manfaat cukup baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dungkap oleh Indah Yuning Prapti, SKM, MKes, yang merupakan Kepala Balai Besar Penelitian serta Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Tawangmangu bahwa temulawak mempunyai manfaat yang berasal dari 2 zat utama yang berada didalamnya. Kandungan tersebut mencakup curcumin dan Santrizol yang keduanya mempunyai peranan masing-masing bagi tubuh.
  • Curcumin tergolong zat utama yang terdapat pada temulawak dengan fungsi sebagai penambah selera makan, menjaga fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga menyehatkan saluran pencernaan.
  • Santrizol merupakan zat pendukung yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit yang untuk mendapat zat ini butuh proses ekstrak khususnya bagi temulawak yang baru dipanen.

Cara Mengolah Temulawak Yang Baik Dan Benar

Selain 2 zat utama diatas, temulawak juga mempunyai kandungan senyawa alami yang terbilang lengkap. Adapun senyawa tersebut mencakup minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, turmerol xanthorrizol, seskuiterpen, dan mycrene serta karbinol, felandrean, desmtoksikurkumin, foluymetik, glokusida, dan kurkumin. Nah bagaimana cara mengolah temulawak supaya penggunaannya menjadi lebih berkhasiat? Ikuti langkah-langkah berikut ini!

1. Bakar Terlebih Dahulu

Proses ini bertujuan untuk menghilangkan adanya getah yang masih menempel pada rimpang temulawak. Jadi sebelum diolah, bakar sebentar hingga mengeluarkan aroma kemudian dinginkan untuk melakukan proses selanjutnya.

2. Kupas Kulit Luar

Setelah proses pembakaran, ada baiknya jika anda mengupas dan membuang bagian kulit luar dari temulawak. Tujuannya supaya tidak ada arang atau kotoran yang masih menempel. Jangan lupa dicuci sebelum melakukan pengolahan.

3. Rajang Atau Tumbuk

Sama halnya dengan mengolah jenis jamu yang lain, ada bisa merajang atau menumbuk rimpang tersebut hingga halus. Cara ini dilakukan supaya sari pati bisa keluar dan memberikan dampak yang lebih baik bagi tubuh. Bisa pula ditambah bahan lain supaya hasil lebih optimal.

4. Rebus Sampai Mendidih

Perebusan ini akan membuat jamu yang anda buat lebih memberikan hasil. Selain itu proses ini juga akan membunuh adanya bakteri atau kuman yang terdapat pada air yang anda gunakan. Dengan tambahan bahan herba lain, tentu cara ini akan membantu untuk mengeluarkan aroma lebih sedap.

5. Tambah Gula Dan Garam

Jika anda tidak suka jamu, tentu anda juga bisa menambahkan sedikit gula supaya bisa meredam rasa pahit. Namun perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan gula aren sangat dianjurkan khususnya bagi anda yang mempunyai keluhan dengan diabetes. Sedangkan garam berfungsi sebagai penyedap supaya ramuan lebih terasa enak.

Nah, sekian dari kami mengenai Cara Mengolah Temulawak Yang Baik Dan Benar. Semoga apa yang kami tulis ini bisa memberikan tambahan referensi bagi anda yang ingin memaksimalkan bahan herbal. Jangan lupa konsultasikan juga dengan ahlinya jika anda masih ragu. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: