6 Resep Jamu Tradisional Madura

Ada sekitar 6 Resep Jamu Tradisional Madura yang bisa anda buat sendiri dirumah. Hal ini dikarenakan ramuan yang diduga berasal dari madura ini terbuat dari bahan alami dan juga komposisi yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapat. Dengan begitu anda juga bisa meracik sendiri guna memperoleh khasiat ataupun manfaat dari ramuan yang dimaksud. Nah apa saja jenis jamu tradisional madura ini? Mungkin anda perlu untuk membaca artikel ini sampai selesai!

Membahas tentang pengobatan tradisional khususnya bagi yang gemar mengkonsumsi jamu, tentu sudah tidak asing bagi anda tentang resep jamu herbal madura yang dipercaya mempunyai kemampuan yang cukup ampuh untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Bahannnya yang berasal dari rempah, memang sudah secara turun-temurun digunakan sebagai alternatif untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit. Jadi sangat tidak heran jika ramuan asli madura ini masih populer hingga sekarang.

6 Resep Jamu Tradisional Madura

Masyarakat Madura pada umumnya masih gemar dan umum hingga sekarang meracik dan membuat jamu sendiri dirumah. Dalam hal ini karena keluarga disana secara turun-temurun menurunkan resep herbal mereka pada anak cucu yang mampu bertahan hingga sekarang. Bahkan tidak sedikit jamu tersebut memang dikhususkan bagi kalangan pria atau wanita yang mempunyai masalah terkait hubungan rumah tangga. Uniknya jamu ini dibuat dengan berbagai cara yang berbeda. Ada yang melalui proses perebusan, penyeduhan, atau yang sudah berbentuk serbuk (bubuk).

Pada dasarnya jamu tradisional madura mempunyai tujuan berbeda pada setiap resepnya. Beberapa contoh yang paling umum ialah untuk menambah selera makan, menjaga kebugaran tubuh. menghilangkan bau badan, mengurangi nyeri pada saat datang bulan, bahkan ada ramuan khusus yang diperuntukkan bagi calon pengantin. Sedangkan bagi ibu hamil, adapula resep yang mampu menyehatkan janin dan menguatkan kandungan. Namun dalam hal medis, mengkonsumsi jamu pada saat hamil sangatlah tidak dianjurkan kecuali melalui anjuran dari dokter atau bidan.

Kenapa dibilang jamu tradisional? Ramuan atau resep jamu madura ini memang sangat alami dan terbuat dari bahan-bahan pilihan dengan kemampuan yang sudah teruji secara klinis. Kemampuan tersebutlah yang menjadukan jamu tradisional madura masih populer hingga sekarang. Mempunyai perbedaan dengan resep jamu pada daerah lain, tentu hal ini bisa dikenali dengan ciri serta bahan yang termasuk didalamnya. Jaman sekarang sudah sangat mudah untuk memperoleh manfaat dari ramuan ini, anda hanya perlu mengunjungi gerai atau warung jamu terdekat untuk meminumnya. Tapi jika anda berminat untuk membuat sendiri, berikut beberapa resep yang bisa anda coba!

6 Resep Jamu Tradisional Madura

1. Resep Jamu Tradisional Madura Untuk Kebugaran

Resep ini bisa anda gunakan untuk meningkatkan stamina dan menjaga kebugaran tubuh secara maksimal. Sangat cocok untuk kalangan pekerja berat yang ingin menjaga tubuh mereka tidak mudah lelah dan lain sebagainya.
  • Komposisi Bahan : 10gr Cabe Jawa kering, 5gr lada (merica), 5gr jintan hitam (habbatussauda), 15gr jahe merah kering, 15gr lengkuas merah kering, 15gr pasak bumi kering, 5gr kunyit kering, 5gr adas, 5gr kemukus, 2 biji pala kering, dan madu sebanyak 4sdm. (semua bahan dalam keadaan kering atau sudah dijemur.
  • Cara Pembuatan : Semua bahan kering diatas dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi bubuk. Bisa diayak atau disaring supaya tekstur bubuk lebih halus. Selanutnya ambil 2sdm bubuk yang sudah tercampur rata dan diseduh dengan air panas 100cc (setengah gelas). Tambahkan madu secukupnya dan diminum setiap hari sebelum tidur malam.
 

2. Resep Jamu Tradisional Madura Untuk Batuk

Jika anda ingin meringankan gejala batuk secara alami, mungkin ramuan ini akan sangat cocok untuk anda minum. Bahan dan cara pembuatan pun terbilang sederhana.
  • Racikan Bahan : 10gr biji adas, 5gr cabe jawa, 10gr jahe merah, 15gr tapak liman, 15gr daun sendok, dan 5gr kayu manis cina. Semua bahan sudah dijemur dan dalam keadaan kering.
  • Cara Meramu : Rebus semua bahan yang sudah disediakan dengan 4 gelas air menggunakan api kecil hingga mendidih. Hasil akan lebih maksimal jika anda menggunakan wadah kuali atau gerabah untuk proses perebusan tersebut. Selanjutnya angkat dan tunggu hingga dingin. minum 3x sehari @1/2 gelas. Jangan lupa disaring sebelum anda meminumnya.
 

3. Resep Jamu Tradisional Madura Untuk Pasangan Suami Istri

Jamu ini cocok bagi anda pasangan suami istri yang ingin menambah keharmonisan rumah tangga. Dengan racikan yang sederhana, tentu anda bisa mencoba dan merasakan sendiri manfaatnya. Adapun bahan dan cara pembuatan ialah :
  • Bahan Racikan : 15gr adas, 15gr daun pepaya, 5gr kunyit, 2gr merica, 2sdm madu, dan 2 butir kuning telur. Semua bahan sudah dalam keadaan kering kecuali madu dan kuning telur.
  • Proses Pembuatan : Bahan dihaluskan terlebih dahulu kemudian diayak atau disaring supaya maksimal. Selanjutnya seduh dengan 1 gelas (200cc) air mendidih kemudian dibagi dua sehingga masing-masing memperoleh porsi setengah gelas. Setelah hangat, masukkan pula 1 butir kuning telur dan 1sdm madu pada masing-masing gelas. Aduk dan tambah sedikit garam, baru bisa anda minum.
 

4. Resep Jamu Tradisional Madura Untuk Keputihan

Dikhususkan bagi kalangan wanita, tentu jamu ini sangat cocok untuk mengatasi keputihan dan mengurangi lendir berlebih pada organ kewanitaan. Sedangkan bahan dan cara pembuatan ialah :
  • Komposisi Bahan : 5gr pulosari, 5gr kapulaga, 15gr kunyit, 15gr daun sirih, dan 10gr daun kemangi. Tentunya bahan-bahan ini harus dijemur terlebih dahulu supaya kering.
  • Proses Pembuatan : Semua bahan yang sudah disediakan bisa direbus sesudah dilakukan pencucian terlebih dahulu. Gunakan gerabah atau kuali yang tidak terbuat dari alumunium supaya hasil lebih maksimal. Gunakan 3 gelas air untuk merebus hingga tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan, saring dan minum 3x sehari masing-masing 1/2 gelas untuk 1x konsumsi.
 

5. Resep Jamu Tradisional Madura Untuk Detoksinasi Darah

Bisa dikatakan bahwa ramuan ini sangat cocok untuk menjaga kesehatan darah didalam tubuh. Dengan kata lain bisa mencegah berbagai masalah seperti darah kotor, hipertensi, dan lain sebagainya. Racikan jamu tradisional ini juga terbilang sederhana. Bahan dan cara peracikan ialah :
  • Bahan : 15gr temu ireng, 15gr kayu secang, dan 15gr temulawak.
  • Cara Membuat : Cuci dan tumbuk kasar semua bahan kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Gunakan api kecil dalam proses perebusan. Jika sudah mendidih, selanjutnya angkat dan tunggu ramuan hingga hangat. Saring dan minum ramuan tersebut 3x sehari masing-masing 1/2 gelas. Agar hasil optimal, minum secara teratur selama kurang lebih 2 minggu.
 

6. Resep Jamu Tradisional Madura Untuk Organ Kewanitaan

Adapula jenis ramuan yang memang dikhususkan bagi kalangan wanita. Meski terbilang mudah dan sederhana, namun racikan ini bisa membantu untuk mengatasi berbagai keluhan terkait dengan organ kewanitaan. Salah satu contohnya ialah lendir berlebih, gatal, dan bau tidak sedap. Bahkan ramuan ini juga sangat baik untuk menghilangkan bau badan. Bahan dan cara membuat ialah :
  • Bahan Racikan : 2 butir pinang muda, 7 lembar daun sirih, 10gr temukunci, 1 genggam sambiloto.
  • Cara Pembuatan : Cuci bersih semua bahan kemudian ditumbuk hingga halus. Masukkan kedalam panci dan rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Tunggu hingga hangat dan saring sebelum diminum. Baik dikonsumsi 2x sehari pagi dan sore hingga masalah anda teratasi.

Selain 6 Resep Jamu Tradisional Madura yang sudah kami sebutkan diatas, sebenarnya adapula jenis racikan yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu. Namun ada kemungkinan kami akan melakukan update supaya artikel ini lebih lengkap. Kami rasa cukup sekian dan semoga bisa membantu!

Subscribe to receive free email updates: