10 Jamu Tradisional Untuk Mengatasi Insomnia

Ada begitu banyak Jamu Untuk Insomnia yang bisa anda konsumsi. Beberapa diantaranya berbahan dari kunyit, jahe, akar valerian, teh lavender, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun bagaimana cara membuat dan mengolah ramuan tersebut menjadi semua jamu? Tentu langkah-langkah yang perlu anda lakukan sangatlah sederhana. Pada umumnya dijadikan teh atau diracik khusus menjadi sebuah minuman herbal untuk mengatasi insomnia.


Sebelum anda beranjak pada beberapa bahan yang bisa dijadikan jamu insomnia, sebaiknya anda juga memahami apa itu insomnia dan seperti apa dampak yang biasa anda alami. Jika dirangkum dari beberapa sumber, insomnia merupakan gejala atau gangguan susah tidur yang sangat umum terjadi pada orang yang suka begadang. Karena insomnia bermula dari kebiasaan sehingga mungkin akan sangat sulit untuk dihilangkan. Meski terbilang bukan penyakit, insomnia ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dibiarkan begitu saja. Jadi sudah benar jika anda mencari solusi untuk mengatasi masalah sederhana tersebut.

10 Jamu Tradisional Untuk Mengatasi Insomnia

Pada dasarnya insomnia ini bisa diatasi tanpa obat. Yaitu dengan rajin berolahraga, menghindari tidur siang, bekerja berat di siang hari atau membuat kegiatan yang sekiranya membuat tubuh mencapai tingkat lelah yang maksimal. Dengan begitu tubuh butuh istirahat dimalam hari dan tentunya akan mengurangi kebiasaan tidak tidur malam (begadang) yang sering anda lakukan. Nah apa saja obat tradisional alami (jamu) yang bisa menyembuhkan insomnia? Berikut beberapa bahan herbal yang salah satunya bisa anda pilih untuk mengatasi masalah insomnia anda!

10 Jamu Tradisional Untuk Mengatasi Insomnia

#1. Kayu Manis
Herba yang satu ini berasal dari kulit kayu yang mempunyai aroma yang cukup khas dan menenangkan. Tergolong dalam salah satu jenis rempah, kayu manis juga mempunyai sifat farmakologi yang baik untuk tubuh. Pada umumnya teh atau seduhan dari bubuk kayu manis mempunyai peranan penting dalam mengatasi batuk, mencegah meriang, menurunkan berat badan (cocok untuk diet), meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, mengatasi ragang (sifat anti-inflamasi), menjaga sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol darah, serta cukup ampuh untuk mengobati insomnia. Apa bila anda mempunyai keluhan terkait dengan gangguan tidur, minum herba yang satu ini untuk memperbaiki kualitas tidur anda.

#2. Rimpang Kunyit
Tanaman kunyit merupakan herba yang memang sangat umum digunakan untuk pengobatan. Sifat dari rimpang yang satu ini ialah menenangkan, anti-inflamasi, anti-piretik dan lain sebagainya. Sedangkan fungsinya untuk kesehatan ialah untuk menurunkan kadar gula darah, mengeluarkan racun dalam tubuh (mendetoksinasi hati), menjaga sistem pencernaan, menurunkan demam, mengatasi gelisah, cemas dan susah tidur. Rebus kunyit beserta susu almond, kapulaga dan madu, maka tidur anda akan lebih nyenyak dan berkualitas.

#3. Bunga Chamomile
Herba yang satu ini mempunyai kegunaan yang cukup baik bagi dunia kesehatan. Beberapa diantaranya ialah : radang usus, sakit perut, pembersih mulut, dan juga sangat baik untuk menurunkan resiko diabetes. Hal ini tentu didukung pula oleh kandungan senyawa alami yang cukup banyak. Terlebih lagi teh dari chamomile bisa digunakan untuk obat tidur alami karena bersifat menenangkan. Cara tepatnya ialah konsumsi teh chamomile 30 menit tidur, dan anda akan terlelap lebih cepat.


#4. Lemon Balm
Tanaman ini mungkin masih sedikit asing bagi anda. Namun untuk ciri yang bisa dikenali ialah bentuknya yang seperti daun mint namun aromanya seperti lemon. Sering digunakan sebagai rempah masakan, ternyata teh dari daun ini juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Seperti diansir dari beberapa sumber, lemon balm bisa mencegah Alzheimer, kecemasan, cold sores (lepuhan kecil pada mulut), stres, gangguan pencernan, dan tentunya masalah tidur. Seperti halnya ramuan lain, daun ini dikonsumsi sebagai minuman (teh) yang bisa mengatasi insomnia ada.

#5. Akar Valerian
Kandungan senyawa kimia alami berupa linarin pada tanaman ini mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam mengatasi kecemasan. Hal ini juga sangat berpengaruh bagi anda yang mempunyai keluhan tidur. Dikarenakan mempunyai sifat menenangkan, teh dari akar valerian akan sangat membantu dalam memperbaiki kualitas tidur anda menjadi lebih baik.

#6. Passion Flower
Dilihat dari namanya, herba ini berasal dari salah satu jenis bunga yang mempunyai kemampuan farmakologi. Diambil dari beberapa penelitian, teh dari bunga ini mempunyai kemampuan yang sangat kuat sebagai penenang dan obat insomnia alami. Konsumsi teh passion flower setidaknya selama 1 minggu, maka anda bisa membandingkan sendiri dengan orang yang tidak mengkonsumsinya. Kualitas tidur akan lebih baik dan lebih nyenyak.

#7. Lavender
Anda pasti sudah kenal dengan nama tanaman yang satu ini. Tergolong jenis bunga yang mempunyai aromatik dan menyejukkan, ekstrak bunga ini terkadang digunakan untuk mengusir nyamuk. Namun siapa sangka jika manfaat lain yang tersimpan pada bunga ini cukup baik untuk mengatasi asma (sesak nafas) dan menyembuhkan insomnia secara alami. Cukup konsumsi secangkir teh dari bunga lavender, maka gangguan tidur anda akan teratasi.

#8. Rimpang Jahe
Meski sudah umum dan dikenal dengan sifat hangat, jahe juga bisa digunakan untuk anda yang mempunyai keluhan susah tidur. Untuk membuat ramuan cukup siapkan jahe secukupnya dan digeprek, padukan dengan susu kemudian diseduh dengan sedikit air hangat. Konsumis secara teratur sebelum tidur, maka anda akan lebih nyaman dan nyenyak sepanjang malam.

#9. Jeruk Nipis
Pada dasarnya jeruk ini mempunyai sifat membersihkan yang sangat umum digunakan untuk obat batuk alami. Namun manfaat lain dari jeruk nipis sangat baik untuk mengatasi kegelisahan, kecemasan, dan menyembuhkan insomnia karena mmepunyai sifat menenangkan. Minum teh dari jeruk nipis tidak hanya memperbaiki kualitas tidur, namun baik pula bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

#10. Pisang
Bukan dari dagingnya, kulit pisang juga bisa dimanfaatkan. Didalamnya terdapat kandungan senyawa alami berupa potassium dan magnesium. Proses awalnya dikeringkan dan ditumbuk hingga halus. Kemudian diseduh sebagai teh guna meningkatkan kualitas tidur dan menjadikan pembuluh darah serta otot lebih rileks.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 10 Jamu Tradisional Untuk Mengatasi Insomnia. Semoga bisa menambah wawasan dan referensi bagi anda yang membutuhkan. Namun ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan dokter untuk jawaban dan obat yang lebih tepat. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: