7 Manfaat Jamu Cekok Untuk Anak

Manfaat Jamu Cekok Untuk Anak ini sudah terbilang sangat luas dan dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat. Dan jika dibahas secara singkat, khasiat jamu cekok dipercaya mampu menambah berat badan anak, mengatasi sawan, meringankan gejala flu, demam, dan ampuh untuk meringankan batuk sehingga anak anda akan lebih sehat. Nah seperti apa fungsi, kegunaan, aturan pakai dan cara membuat jamu cekok? Mungkin rangkuman singkat yang akan kami bahas dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan anda.


Jamu Cekok adalah istilah jaman dulu untuk meminumnya jamu secara paksa pada kalangan anak-anak. Jika dilihat dari komposisi, jamu ini terbilang tidak mempunyai perbedaan yang mencolok karena hampir sama dengan jenis jamu lain yang sering anda konsumsi setiap hari. Namun yang membedakan ialah dari segi tingkatan, cara pengkonsumsian, komposisi dan juga dilihat dari segi usia anak yang akan diberi jamu. Jadi guna mengindarkan hal-hal buruk yang terjadi, ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan orang yang lebih paham akan jamu terkait.

7 Manfaat Jamu Cekok Untuk Anak

Untuk jaman yang sekarang, jamu cekok sudah banyak dimodifikasi sehingga tidak perlu memaksakan anak untuk meminumnya. Dengan tambahan atau paduan bahan dari gula aren (gula merah), rasa jamu ini tidak begitu pahit sehingga mungkin anak anda akan suka meminumnya. Apa saja manfaat dan khasiat jamu cekok untuk anak? Berikut daftar selengkapnya yang kami rangkum dari beberapa sumber di internet.

7 Manfaat Jamu Cekok Untuk Anak

#1. Menambah Selera Makan Anak
Tidak sedikit anak yang sangat susah untuk diajak makan. Hal ini sudah umum terjadi dalam kehidupan sehari-hari sehingga mungkin juga terjadi pada anak anda. Karena sulit diajak kompromi tersebut, jamu cekok bisa menjadi salah satu solusi bagi anda supaya anak anda lebih lahap dalam menyantap makanan.

#2. Menambah Berat Badan Anak
Dikarenakan mampu menambah selera makan, ada banyak kemungkinan bahwa tumbuh kembang anak lebih maksimal. Entah itu dari segi kecerdasan, berat badan, dan pertumbuhan tulang. Hal ini terpicu dari terpenuhinya kebutuhan gizi harian anak anda sehingga semua bisa berjalan normal.


#3. Mengobati Cacingan
Dampak dari cacingan sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Akan sangat mengganggu pertumbuhan, badan anak menjadi kurus, perut mereka buncit dan lain sebagainya. Dikarenakan jamu cekok mampu mengeluarkan cacing dalam saluran pencernaan, maka penyerapan sari makanan yang dikonsumsi lebih optimal.

#4. Menyehatkan Saluran Pernafasan
Manfaat jamu cekok juga sangat cocok untuk meringankan gejala flu (pilek) pada anak. Hal ini juga sangat berpengaruh untuk sistem pernafasan terkait dengan kesehatan tenggorokan dan pencegahan sesak nafas pada anak.

#5. Mengatasi Batuk Pada Anak
Masih terkait dengan sistem pernafasan, batuk merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada anak. Jika hal ini terjadi, maka anak akan lebih cepat kurus, tidak mau makan, sering muntah dan lain sebagainya. Nah, untuk meringankan gejala batuk tersebut, mungkin jamu cekok merupakan alternatif alami yang bisa anda terapkan.

#6. Menurunkan Demam Anak
Dengan menggunakan bahan berupa kunyit, tentu jamu cekok akan sangat membantu dalam menurunkan demam karena kunyit (kunir) mempunyai sifat mendinginkan yang juga cocok untuk mencegah panas dalam serta sakit tenggorokan.

#7. Mengatasi Sawan Pada Anak
Gejala ini sering terjadi ketika anak anda mengalami demam yang terlalu tinggi. Namun bisa pula terjadi karena hal lain yang mungkin tidak diketahui penyebabnya. Salah satu alternatif untuk menyembuhkan sawan ialah dengan jamu cekok atau segera berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana cara membuat dan mengkonsumsi jamu cekok pada anak? Untuk menjawab hal ini, mungkin ada baiknya jika anda simak Cara Membuat Jamu Cekok. Karena disana anda bisa membuat berbagai varian jamu yang dibutuhkan sesuai dengan keluhan yang diderita anak.


Cukup sekian dari kami terkait 7 Manfaat Jamu Cekok Untuk Anak. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan referensi sebelum anda melakukan pengobatan pada anak. Jangan lupa untuk bertanya pada orang yang sudah ahli atau pernah menerapkan jamu ini. Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: