9 Manfaat Jamu Parem Tradisional

Manfaat Jamu Parem Tradisional ini sebenarnya sudah dikenal secara turun-temurun dan memang sudah terbukti memberikan hasil yang baik bagi dunia kesehatan. Tidak hanya untuk kalangan wanita saja, namun jamu param juga cocok untuk pria yang ingin menjaga postur tubuh serta mengurangi bau badan yang disebabkan oleh keringat. Nah seperti apa sih jamu parem tersebut? Mungkin rincian dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.


Jamu Param adalah sejenis jamu herbal tradisional yang mempunyai paduan bahan seperti : Kunyit, asam jawa, daun sirih dan juga gula aren. Jamu ini mempunyai kata param (dari bahasa Jawa) dan mungkin sangat mirip dengan komposisi pembuatan jamu kunyit asam. Sedikit lebih beda, jamu param sudah dibuat sejak zaman dulu dan belum dipadukan pula dengan jeruk nipis serta madu sebagai bahan pokok. Dibuat sebelum obat-obatan kimia dan jenis jamu yang sudah melalui produksi pabrik. Intinya jamu param masih alami dan belum termodifikasi.

9 Manfaat Jamu Parem Tradisional

Manfaat dari jamu param dipercaya oleh zaman dahulu sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. Dengan fungsi yang cukup unik, tentu jamu ini tidak lekang oleh waktu serta masih eksis hingga sekarang. Apa saja khasiat jamu param tersebut? Simak artikel ini sampai selesai!

9 Manfaat Jamu Parem Tradisional

#1. Menjaga Stamina Tubuh
Jamu param boleh dibilang sebagai ramuan penyegar yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Hal ini karena terdapat antioksidan yang mampu menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Dengan begitu tubuh akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

#2. Menurunkan Berat Badan
Tidak sedikit dari kalangan wanita yang menjadikan jamu parem untuk menjaga postur tubuh mereka supaya tetap langsing. Hal ini karena jamu ini mempunyai peranan penting dalam melancarkan saluran pencernaan serta meminimalisir adanya penumpukan racun dalam tubuh. Boleh dibilang bahwa jamu param ini sangat cocok untuk mencegah obesitas (kelebihan berat badan).

#3. Mengatasi Keputihan
Manfaat ini didapat dari adanya daun sirih yang sangat sering dijadikan rujukan untuk herba kecantikan. Selain untuk masalah keputihan, daun sirih pada jamu param juga ampuh untuk menjaga kulit tetap halus dan lain sebagainya.

#4. Mengurangi Bau Mulut Dan Bau Keringat
Jamu param juga mempunyai sifat anti-bakteri yang baik untuk menghambat dan membunuh bakteri merugikan. Sebab bakteri tersebut merupakan salah satu pemicu munculnya bau keringat pada tubuh. Dengan mengkonsumsi jamu ini tentu tubuh anda akan harum secara alami.


#5. Menjaga Kesehatan Kulit
Terkait dengan kesehatan kulit, jamu param sangat cocok untuk anda guna menyamarkan selulit dan juga mempercantik penampilan anda. Ramuan ini juga akan membuat kulit anda lebih halus dan merona dengan sempurna.

#6. Mencegah Terjadinya Infeksi
Selain beberapa manfaat yang sudah kami sebutkan diatas, terdapat pula sifat anti-biotik yang mampu mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Khususnya pada luka serta mempercepat proses penyembuhan.

#7. Mengurangi Nyeri Saat Haid
Bagi anda yang mempunyai keluhan terkait dengan siklus haid, tentu jamu ini akan sangat membantu bagi anda. Sebab jamu param mempunyai sifat analgesik yang mampu meredam dan mengurangi rasa sakit atau nyeri yang timbul akibat datang bulan.

#8. Meringankan Gejala Rematik
Penyakit ini identik dengan bertambahnya usia, namun jika seperti jaman sekarang yang semuanya sudah serba instan. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa kalangan muda pun bisa terkena rematik. Pada awalnya berdampak sederhana, tapi jika dibiarkan mungkin terparahnya akan menyebabkan kelumpuhan. Jadi silahkan coba jamu param untuk menjaga kesehatan dan pencegahan rematik.

#9. Menurunkan Demam
Jamu parem juga mempunyai sifat anti-piretik yang mampu menurunkan demam atau suhu tubuh yang panas. Cocok untuk semua kalangan, entah itu pria, wanita, muda ataupun yang sudah tua. Karena terbuat dari bahan alami, jamu parem juga baik untuk anak-anak.

Apa saja komposisi dan bagaimana cara membuat jamu parem? Jika mengikuti resep turun-temurun, anda bisa menyimak beberapa bahan dan juga langkah-langkah pembuatan dibawah ini!

# Komposisi / Paduan Bahan :
  • 2 ons Kunyit / kunir
  • 7 Lembar Daun Sirih
  • Asam Jawa secukupnya
  • Gula Jawa / gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya 
  • 6 Gelas air putih
# Cara Pembuatan :
Ada 2 Metode tradisional yang bisa anda gunakan dalam membuat jamu param. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja anda perhatikan metode-metodenya berikut ini :
- Metode 1 :
  • Cuci bersih semua bahan khususnya kunyit dan daun sirih
  • Parut kunyit / atau bisa juga diblender
  • Taruh pada wadah (baskom) dan campur dengan air yang selanjutnya disaring.
  • Masukkan air kunyit yang sudah disaring, gula jawa, daun sirih, asam jawa, dan garam kedalam panci.
  • Rebus hingga benar-benar mendidih supaya jamu bisa bertahan lebih lama.
  • Angkat dan diminum dalam keadaan hangat (@1 gelas untuk 1x minum)
  • Sisanya bisa disimpan pada lemari pendingin (jamu ini bisa bertahan hingga 1 minggu)
- Metode 2 : 
Cara ini sangat mudah dan bisa diterapkan jika anda dikejar oleh waktu. Pertama anda harus cuci bahan hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus (kunyit dan daun sirih). Selanjutnya taruh dalam panci dan masukkan pula garam, asam jawa, air dan gula jawa yang sudah disiapkan. Rebus hingga mendidih dan mengeluarkan aroma. Angkat dan tiriskan. Saring sebelum diminum dan sisanya bisa anda simpan pada kulkas.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 9 Manfaat Jamu Parem Tradisional. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: