17 Manfaat Jamu STMJ Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu STMJ Untuk Kesehatan sebenarnya sudah tidak asing karena sudah umum dikonsumsi oleh kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi khasiat jamu STMJ ini juga dipercaya mampu mengembalikan stamina dan menjaga tubuh tetap sehat secara alami. Namun yang sering dipertanyakan disini, apa paduan bahan dari susu, telur, madu dan jahe ini memang memberikan manfaat? Tentu kami akan membahas secara detail pada rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini.


Jamu STMJ merupakan salah satu minuman hangat yang terbuat dari paduan bahan seperti Susu, Telur, Madu Dan Jahe. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari sehingga bisa pula dengan mudah anda buat sendiri dirumah. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja manfaat dan khasiat jamu stmj? Nah sebelumnya kami akan membahas satu-persatu mengenai bahan yang digunakan.

17 Manfaat Jamu STMJ Untuk Kesehatan

Bahan-bahan pembuatan jamu STMJ bisa dikenali dengan hanya melihat nama yang merupakan suatu singkatan. STMJ (Susu, Telur, Madu, Dan jahe) merupakan bahan yang sudah tidak asing. Telur dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari dan termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok. Adapun rincian mengenai bahan tersebut diantaranya :

1. Susu
Bahan ini diperkaya dengan kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Beberapa diantaranya berupa kalsium, protein, dan vitamin B yang fungsinya untuk sumber energi dan menjaga kepadatan tulang khususnya bagi kalangan anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sedangkan untuk kalangan lansia ialah untuk mencegah osteoporosis atau yang lebih dikenal dengan pengeroposan tulang.

2. Telur
Pangan yang satu ini tidak kalah dalam hal kandungan didalamnya. Beberapa diantaranya sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga mampu menopang dan memenuhi kebutuhan energi harian. Kandungan pada telur tersebut mencakup karbohidrat, protein, dan 8 macam jenis asam amino essensial. Lebih dari itu telur juga diperkaya dengan vitamin dan mineral yang mencakup vitamin A, asam folat, kalsium, zat besi, potassium, fosfor, kolin, Vitamin B6, Vitamin D, riboflavin, Vitamin B12, dan vitamin E.

3. Madu
Sumber glukosa dan frukstosa alami ini mempunyai sejumlah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan pada madu mencakup magnesium, yodium, seng, kalium, kalsium, belerang, zat besi, fosfat, kalori, dan natirum. Selain itu madu juga mempunyai beberapa vitamin seperti Vitamin B1, B2, B3, B6, dan vitamin C semua kandungan tergantung dengan kualitas nektar dan serbuk sari pada bunga. Madu juga sangat mudah dicerna oleh tubuh, terbilang rendah kalori, membantu pembentukan sel darah merah, membunuh bakteri, berdifusi cepat melalui darah dan juga mampu menanggulangi beberapa penyakit pada tubuh.

4. Jahe
Siapa yang tidak tahu dengan rimpang yang satu ini. Jahe mempunyai kesan hangat yang mampu mengatasi beberapa penyakit seperti masuk angin, meriang, menigkatkan selera makan, mengurangi mual, mencegah rematik, menghangatkan tubuh dan lain sebagainya. Kandungan gingerol pada jahe mempunyai sifat analgesik (pereda sakit), sedatif, antipiretik (penurun demam), dan anti-bakteri. Selain gingerol terdapat pula kandungan berupa zingerone dan shogaol.

Selain STMJ, sebenarnya masih banyak lagi jenis minuman herbal yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Karena seringnya dikonsumsi, menjadikan ramuan ini sangat digemari dan bahkan menganggapnya sebagai jamu. Tidak sedikit pula yang percaya bahwa STMJ mampu menambah kebugaran dan menjaga stamina tubuh. Hal tersebut tentunya tidak luput dari beberapa kandungan bahan-bahan yang digunakan. Bahkan pakar kesehatan herbal dari FMIPA UI Abdul Mun'im, Msi, PhD memberikan tanggapan akan hal tersebut. STMJ dikatakan bukanlah sebuah minuman, melainkan jenis makanan jika dilihat dari kandungan didalamnya. Kandungan nutrisi pada STMJ sama halnya dengan makanan pada umumnya.

Kembali pada pertanyaan " Apa saja manfaat minuman sehat STMJ? Berikut daftar manfaat jika kami rangkum dari masing-masing bahan yang sudah kami sebutkan diatas.

17 Manfaat Jamu STMJ Untuk Kesehatan

#1. Menambah Selera Makan
Bagi anda yang mempunyai tubuh lemah khususnya dalam tahap pemulihan pasca sakit, mungkin STMJ ini sangat cocok untuk mengembalikan selera makan anda yang sempat hilang. Sebab rimpang jahe yang termasuk dalam salah satu bahan, menjadikan tubuh lebih cepat pulih dan selera makan akan kembali normal.

#2. Mengatasi Meriang Dan Masuk Angin
Sifat hangat dari madu dan jahe menjadikan STMJ sangat cocok untuk mengurangi dampak dari meriang. Salah satu contohnya ialah masuk angin, perut kembung, susah buang angin, dan lain sebagainya. Jahe sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh sehingga anda tidak akan kedinginan atapun sampai menggigil.


#3. Mengurangi Mual Dan Perasaan Ingin Muntah
STMJ mempunyai aroma yang cukup khas dan harum yang fungsinya untuk meringankan gejala mual yang sering dialami oleh anda. Mual umumnya muncul di pagi hari (saat bangun tidur) atau bisa juga karena bau tidak sedap pada lingkungan sekitar. Maka dari itu untuk mengurangi sensitifitas terhadap bau (khususnya untuk mencegah mual), maka STMJ mampu menjadi solusi sederhana yang bisa anda terapkan.

#4. Meringankan Nyeri Pada Tubuh
Jahe mempunyai sifat analgesik dimana kemampuannya cukup baik dalam mengatasi nyeri pada tubuh. Tidak terkecuali pada sistem persendian, sakit gigi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda masih belum yakin, mungkin bisa mencobanya sendiri dirumah.

#5. Menenangkan Pikiran
STMJ mencakup fungsi sedatif yang fungsinya untuk menenangkan pikiran. Sifat ini juga yang mampu mencegah emosi, stres, insomnia (kesulitan tidur), dan menjadikan anda lebih santai dalam mengatasi berbagai permasalahan hidup sehari-hari.

#6. Menurunkan Demam
Manfaat ini diperoleh dari adanya jahe yang mempunyai sifat antipiretik. Jika anda sedang mengalami demam (suhu tubuh tinggi), maka tidak ada salahnya mencoba ramuan STMJ supaya suhu tubuh kembali normal dan stabil.

#7. Menguatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan vitamin C pada madu mampu berperan sebagai antioksidan alami yang baik untuk kesehatan. Fungsinya ialah untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.

#8. Menopang Pembentukan Tulang
Kalsium dan fosfor pada beberapa bahan STMJ mampu menopang dan menguatkan sistem tulang pada tubuh. Nutrisi ini pula yang menjadikan tubuh terhindar dari osteoporosis (pengeroposan tulang dan gigi) sehingga lebih kuat dan tidak mudah keropos.

#9. Menambah Stamina Tubuh
Telur, madu dan susu mempunyai kandungan glukosa serta karbohidrat yang mampu memenuhi kebutuhan tenaga oleh tubuh. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat, tidak mudah lelah ataupun lemah serta menjadikan stamina tubuh tetap terjaga.

#10. Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat ini diperoleh dari adanya protein yang baik untuk kinerja dan perkembangan otak. Selain menambah kecerdasan dan daya ingat, protein ini pula yang mampu mencegah kepikunan dini dan menjaga kinerja sistem syaraf pada otak.

#11. Baik Untuk Kesehatan Otot
Masih terkait dengan protein, manfaat lain yang bisa anda peroleh ialah tentang kesehatan sistem otot. Bagi anda yang mempunyai aktifitas berat dalam kehidupan sehari-hari, mungkin STMJ akan sangat membantu dalam mendukung pembentukan sistem otot serta mencegahnya dari kerusakan.

#12. Melancarkan Sirkulasi Darah
Zat Besi pada madu mampu mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Selain untuk melancarkan peredaran darah, senyawa alami ini juga ampuh untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) dan juga anemia (kekurangan sel darah merah). Dengan begitu anda akan tercegah dari dampak yang mungkin ditimbulkan oleh penyakit tersebut.

#13. Mencegah Rematik Dan Asam Urat
Dua penyakit ini hampir serupa dan mempunyai efek buruk yang sama bagi tubuh. Jika tidak diatasi, rematik ataupun asam urat bisa menyebabkan kelumpuhan. Jadi sebagai terapi alami yang baik, aman, dan nyaman, STMJ mungkin menjadi pilihan sederhana terbaik dari jenis obat herbal yang lain.

#14. Membunuh Bakteri Merugikan
Sifat anti-bakteri diperoleh dari jahe yang menjadikan tubuh terbebas dari bakteri jahat dan merugikan pada tubuh. Entah itu bakteri dari lingkungan sekitar ataupun dari jenis makanan yang anda konsumsi setiap hari.

#15. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
STMJ mampu menghangatkan tubuh tidak terkecuali lambung dan sistem pencernaan lainnya. Manfaat lain ialah untuk mencegah mengerasnya feses sehingga BAB menjadi lebih lancar. Terkait pula untuk pencegahan wasir (ambeien), disentri, dan penyakit lainnya.

#16. Meringankan Batuk Dan Sakit Tenggorokan
Jahe memang sangat baik untuk meringankan radang (pembengkakan) pada tenggrokan dan mampu meringankan batuk. Manfaat lain mencakup pelancar sistem pernafasan guna mencegah sesak nafas (asma) dan membebaskan anda dari batuk kering maupun derdahak.

# 17. Baik Untuk Penderita Diabetes
Meski terbilang mempunyai rasa yang cukup manis, STMJ tidak mempunyai kandungan kalori tinggi sehingga kadar gula darah masih tetap terkontrol. Bagi anda penderita diabetes (kencing manis) janganlah khawatir karena gula darah anda tidak akan naik.


Cukup sekian dari kami tentang 17 Manfaat Jamu STMJ Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini mampu menjadi salah satu referensi untuk anda guna menambah wawasan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: