12 Manfaat Jamu Jahe Sereh Untuk Tubuh

Manfaat Jamu Jahe Sereh Sudah umum dikonsumsi secara turun-temurun sebagai salah satu ramuan herbal yang baik untuk tubuh. Khasiat Jamu Jahe Sereh sangat identik dengan sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nah bagi anda yang masih penasaran dengan informasi lebih lanjut, mungkin rangkuman dibawah ini mampu menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Berikut rincian selengkapnya.


Jahe dan Sereh merupakan bahan rempah yang juga sering digunakan dalam beberapa jenis masakan. Keduanya mempunyai kesan hangat dan sedikit pedas sehingga akan membuat tubuh anda lebih sehat. Dalam hal ini sangat terkait untuk menyembuhkan penyakit ringan maupun berat yang sedang anda derita. Agar daftar manfaat dari ramuan ini bisa anda ketahui secara lengkap, ada baiknya jika anda membaca artikel ini sampai selesai.

12 Manfaat Jamu Jahe Sereh Untuk Tubuh

Jahe tergolong rimpang dan sereh termasuk dalam jenis alang-alang (rumput). Untuk mengolahnya, anda hanya memerlukan sedikit bahan dan bisa anda peroleh dengan mudah pada lingkungan sekitar. Bisa diambil kesimpulan bahwa jamu dari ramuan bahan ini bisa anda buat sendiri dan bisa dengan mudah anda mengkonsumsinya. Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja fungsi dan kegunaan jamu jahe sereh bagi tubuh? Berikut daftar selengkapnya!

12 Manfaat Jamu Jahe Sereh Untuk Tubuh

#1. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Istilah ini mungkin sudah sering anda baca pada artikel kami sebelumnya. Inflamasi atau peradangan bisa diatasi dengan olahan jahe dan sereh yang direbus. Paduan kedua bahan ini mampu mengurangi nyeri dan bengkak pada kulit.

#2. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Manfaat ini sangat baik untuk mengurangi penumpukan racun dalam tubuh. Istilah lainnya lebih dikenal dengan detoksinasi. Secara tidak sadar setiap hari anda mengkonsumsi racun yang berasal dari jenis makanan lebih tepatnya yang berbahan pengawet, mengandung MSG, mengkonsumsi obat, polusi dan lingkungan yang tidak bersih. Jadi jamu jahe sereh baik untuk mengeluarkan racun yang disebabkan oleh beberapa faktor tersebut.

#3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Sistem pencernaan sangat penting anda jaga agar proses cerna dan penyerapan sari makanan lebih berjalan optimal. Dengan adanya ramuan ini anda akan tercegah dari perasaan mual, dan beberapa gangguan lain terkait dengan saluran pencernaan.

#4. Kaya Akan Antioksidan
Zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Antioksidan berperan penting dalam menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun agar tidak mudah terserang penyakit. Ramuan herbal ini juga mempunyai keunggulan tersendiri dibanding dengan suplemen. Herbal lebih aman dan tidak mempunyai efek samping.

#5. Menenangkan Pikiran
Manfaat ini bisa diperoleh dari sereh yang khasiatnya sangat baik dalam mencegah stres, perasaan cemas, depresi, lelah, dan lain sebagainya. Ramuan jahe serah akan membuat anda lebih tenang, santai dan lebih sabar jika dikonsumsi dengan baik dan benar.


#6. Mengurangi Bau Mulut dan bau badan
Jahe sereh juga mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang cukup membantu dalam mencegah pertumbuhan bakteri pada tubuh. Tidak terkecuali juga pad ketiak, mulut dan lain sebagainya. Penggunaan secara rutin akan membuat tubuh anda lebih harum secara alami.

#7. Mencegah Kelebihan Berat Badan
Sereh dan jahe sering digunakan untuk ramuan program diet. Sebab jahe secara tidak langsung mampu mengurangi selera makan dan membuat perut merasa lebih cepat kenyang. Dengan begitu berat badan akan lebih cepat turun dan terhindar dari yang namanya obesitas.

#8. Melancarkan Sistem Pernafasan
Kesan hangat melegakan pada jahe dan sereh terbukti sangat membantu dalam mencegah penyakit saluran pernafasan. Salah satunya ialah flu, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, asma (sesak nafas), dan masih banyak lagi yang lainnya. Jamu jahe dan sereh umum dikonsumsi pada musim dan cuaca ekstrim.

#9. Meringankan Gejala Demam
Jahe dan sereh mempunyai sedikit sifat antipiretik yang mampu menstabilkan suhu tubuh. Bisa dikategorikan bahwa ramuan ini sangat cocok untuk menurunkan demam serta mengatasi beberapa masalah lain yang ditimbulkan.

#10. Menurunkan Kolesterol
Kondisi tubuh setiap orang sangat berbeda. Ada yang sangat mudah terserang kolesterol dan ada juga yang santai dalam mengkonsumsi semua jenis makanan. Kolesterol merupakan lemak yang terdapat pada aliran darah dan jika tidak diatasi bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Jahe sereh bisa menetralkan lemak darah secara perlahan.

#11. Mengontrol Kadar Gula Darah
Jamu Jahe sereh mampu menurunkan kandungan gula pada darah. Bisa juga ramuan untuk digunakan untuk mencegah diabetes (kencing manis) dengan biaya yang relatif murah dan bisa diolah sendiri dirumah.

#12. Mencegah Insomnia
Manfaat ini didukung dengan sifat menenangkan pada kedua bahan. Insomnia merupakan kebiasaan buruk yang patut anda kurangi. Mulailah dari tidak tidur siang, lakukan aktifitas disiang hari, dan mengkonsumsi jamu jahe sereh secara rutin.

Bagaimana cara membuat jamu jahe sereh? Caranya sangat tidak rumit dan anda hanya dituntut untuk menyiapkan bahannya saja. Agar lebih jelas silahkan simak resep berikut :
  1. Siapkan 2 ruas rimpang jahe ukuran sedang dan 1 ruas batang sereh beserta daunnya.
  2. Cuci bersih kedua bahan dan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih.
  3. Tambah sedikit gula (sesuai selera) dan tiriskan.
  4. Minum 2 hingga 3x sehari.
Untuk hasil yang diperoleh, mungkin akan berbeda pada setiap orang. Karena bisa juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang salah satunya ialah kondisi tubuh.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami tulis untuk 12 Manfaat Jamu Jahe Sereh Untuk Tubuh. Semoga bisa membantu dan memberikan tambahan informasi bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: