11 Manfaat Jamu Kunci Pepet Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Kunci Pepet sebenarnya sudah tidak asing bagi masyarakat Jawa. Sebab bahan herba yang berasal dari alam ini sudah sering digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit yang khasiat dan kegunaan kunci pepet sudah tidak dipungkiri lagi. Jika dirangkum secara singkat, kunci pepet berguna untuk menyembuhkan luka, bersifat karminatif (peuruh kentut), dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi anda yang penasaran seperti apa itu jamu kunci pepet, mungkin rangkuman yang akan kami sediakan dibawah ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.


Kunci Pepet yang juga dikenal dengan sebutan temu rapet ini merupakan salah satu jenis rimpang yang umum digunakan untuk jamu atau obat herbal. Beberapa nama daerah dari kunci pepet ini dikenal juga dengan sebutan kunir putih, konce pet, temu putri, temu rapet, ardong, dan mempunyai nama latin / ilmiah dengan sebutan Kaemferia Rotunda L. Tanaman kunci pepet ini bisa ditanam dan tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 750 meter diatas permukaan laut. Serta tidak asing pada daerah Sumatera dan Jawa bahkan bisa ditemukan di Negara India, Srilangka dan Malaysia.

11 Manfaat Jamu Kunci Pepet Untuk Kesehatan

Kunci pepet sering disalah artikan dengan sebutan temu putih (Curcuma Alba). Padahal dua tanaman ini berbeda namun mempunyai ciri yang hampir sama. Hal tersebut dikarenakan kunci pepet masih satu keluarga dengan kunyit putih yang tergolong dalam jenis rimpang. Kunci pepet mempunyai daun yang bercorak cantik serta tumbuhnya tidak tinggi. Jadi sangat tidak heran jika banyak juga kalangan orang yang menanam kunci pepet sebagai tanaman hias sekaligus apotik hidup yang kaya akan manfaat. Batang kunci pepet bisa mencapai ketinggian antara 30 hingga 70cm, tumbuh merumpun dengan batang semu, mempunyai daun tunggal yang berpelepah, helaian daun berbentuk lanset memanjang antara 20 hingga 30cm dan lebar 7,5 hingga 10cm. Ujung daun meruncing warna hijau muda dan pada bagian tengah terdapat corak warna kecokelatan. Bunganya bergerombol, sering mekar beberapa kuntum sekaligus dengan warna ungu muda kemerahan. Sedangkan rimpang berdaging dengan ukuran tidak terlalu besar seukuran telur burung puyuh.

Terlepas dari manfaatnya sebagai jamu, kunci pepet juga dipakai sebagai salah satu bahan kosmetik khususnya pemutih kulit yang fungsinya tidak kalah dengan jenis kosmetik modern. Banyak pula kalangan wanita yang menjadikan kunci pepet sebagai lulur alami yang bisa mencerahkan kulit dalam waktu yang sangat singkat. Jadi bisa dibilang kunci pepet mempunyai peranan multi fungsi yang baik untuk dunia kesehatan maupun kecantikan.

Apa saja kandungan zat kimia alami pada kunci pepet? Nah jika dilihat dari hasil penelitian BPPT (IPTEKnet) dengan CODATA ICSU Indonesia yang direalisasikan pada tahun 2002. Kunci pepet mempunyai komposisi zat yang diantaranya ialah : Minyak Atsiri, borneol, metil khavikol, sineol, dan saponin. Kunci pepet mempunyai aroma khas yang didapat dari minyak atsiri yang berwarna kekuningan. Yang menjadi pertanyaan lanjutan adalah mengenai apa saja manfaat kesehatan pada kunci pepet? Jawabannya bisa anda baca pada daftar dibawah ini!

11 Manfaat Jamu Kunci Pepet Untuk Kesehatan

#1. Mengobati Sakit Perut
Masalah ini sering muncul dan tidak mengenal atasan usia. Sakit perut bisa menyerang jika sedang terjadi salah makan, alergi dan lain sebagainya. Untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan anda bisa mengkonsumsi jamu kunci pepet supaya sakit perut anda cepat sembuh.

#2. Mempunyai Sifat Antioksidan
Antioksidan bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan ataupun minuman. Sifat ini sangat dibutuhkan tubuh karena bisa menjaga daya tahan, menguatkan sistem imun, dan juga mampu menangkal radikal bebas yang masuk pada tubuh. Jadi dengan begitu tubuh anda akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.


#3. Bersifat Anti-Inflamasi
Anti-inflamasi ini sangat penting untuk mengatasi adanya peradangan (pembengkakan) pada tubuh. Tidak terkecuali yang disebabkan oleh bisul, luka, jerawat, memar karena benturan dan lain sebagainya. Untuk mendapat fungsi ini anda hanya cukup mengkonsumsi jamu kunci pepet sebagai minuman herbal.

#4. Mempercepat proses nifas
Nifas merupakan salah satu proses yang pasti dialami oleh kalangan ibu pasca melahirkan. Keluarnya darah kadang tidak lancar sehingga proses pembersihan rahim berjalan lambat. Untuk melancarkan nifas, anda bisa meminum jamu dari kunci pepet.

#5. Bersifat Anti-bakteri
Sifat ini sangat cocok untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri, kuman, mikroba, virus dan menjaga tubuh terhindar dari penyakit. Sama halnya dengan antioksidan, antibakteri juga sangat penting karena tubuh sangat rentan kemasukan bakteri yang bersumber dari makanan, minuman atau bahkan lingkungan yang kotor.

#6. Bersifat Antiproliferasi
Antiproliferasi merupakan salah satu jenis sifat obat yang mampu menghambat pertumbuhan sel merugikan dalam tubuh. Tidak terkecuali juga termasuk sel kanker dan tumor yang sudah terbukti sangat membahayakan kesehatan.

#7. Bersifat Anti-agregasi
Yang dimaksud disini ialah agregasi trombosit dimana fungsinya untuk mencegah terjadinya pendarahan. Dengan begitu tubuh lebih sehat dan terhindar dari masalah khususnya terhadap gangguan pada sumsum tulang belakang dan organ lainnya.

#8. Menambah Selera Makan
Meski mampu untuk menambah selera makan, namun kunci pepet juga sangat baik untuk digunakan sebagai minuman herbal program diet. Sebab meski tubuh berisi, namun akan terlihat lebih padat dan lebih menarik untuk dilihat.

#9. Bersifat Karminatif (peluruh kentut)
Jamu kunci pepet bisa mengeluarkan angin pada tubuh. Salah satu contohnya ialah yang disebabkan oleh masuk angin dan perut kembung. Karena sifat karminatif mampu mencegah atau bahkan mengatasi masalah kesusahan buang angin.

#10. Mempercepat Penyembuhan Luka
Kunci pepet sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga sering juga dijadikan bedak alami. Penggunaan yang tepat akan mampu menyembuhkan luka, memar, dan mempercepat penuaan bisul. Bisa dengan cara konsumsi ataupun penggunaan luar.

#11. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini sesuai dengan anda yang sudah melalui proses melahirkan. Sebab kunci pepet bisa membantu produksi ASI sehingga mampu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang diperlukan oleh bayi.

Bagaimana cara mengolah, membuat dan menggunakan kunci pepet sebagai obat? Sebenarnya semua manfaat bisa anda peroleh dengan cara mengkonsumsinya sebagai jamu. Namun terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan. Pertama ialah penggunaan luar dan juga pengobatan dari dalam. Untuk lebih lengkapnya bisa anda baca dibawah ini!

Penggunaan Luar :
Cara ini bisa digunakan untuk mengobati bengkak, memar, bisul dan merawat kulit. Pertama ialah menyiapkan induk kunci pepet yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih. Tumbuk sampai halus dan bubuhkan pada kulit yang ingin diobati. Jika anda menggunakan rimpang yang sudah kering (bubuk), tambah sedikit air dan oleskan.

Pengobatan Dari Dalam :
Cara berikut sesuai untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. Dikhususkan untuk mengeluarkan angin dan juga lain sebagainya. Yang perlu anda lakukan ialah menyiapkan serbuk kunci pepet sebanyak 1sdt dan diseduh dengan 100cc air mendidih. Aduk dan tutup sebentar hingga hangat. Proses akhir bisa langsung anda minum.


Mungkin hanya itu saja yang bisa kami rangkum mengenai 11 Manfaat Jamu Kunci Pepet Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menambah wawasan dan memberikan tambahan ilmu bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: