11 Manfaat Jamu Doro Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Doro Putih sudah tidak asing dan mungkin kebanyakan orang dikalangan pedesaan sudah paham akan segala khasiat tanaman bidara laut tersebut. Jika dirangkum secara singkat, dara putih ini mempunyai kemampuan farmakologi yang cukup baik dalam menjaga kesehatan. Salah satu diantaranya ialah meringankan gejala rematik, mengontrol kadar gula darah, mengobati berbagai jenis penyakit kulit, menambah selera makan, menjaga kesehatan kulit, mempercepat penyembuhan luka dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun bagi anda yang penasaran seperti apa bentuk dan kegunaan secara rinci, ada baiknya jika anda membaca juga lampiran sederhana yang sudah kami sediakan dibawah ini!

(Simak Juga : 9 Manfaat Jamu Xirat Borobudur Untuk Kesehatan)

Seperti apa sih doro putih? Jika kami lansir dari beberapa sumber di internet, widara putih mempunyai ciri yang dapat dikenali dari batang pohon selalu bengkok, daun lebih cenderung berbentuk oval, dan ranting-rantingnya mempunyai rambut pendek. Sedangkan habitat hidup banyak ditemukan pada area hutan khususnya yang terletak pada pinggiran pantai. Tidak hanya ciri batang dan daun, bunga dari doro putih juga beraroma harum dengan warna kuning berbentuk payung menggarpu. Sedangkan buahnya bulat wana kuning sedikit agak kemerahan. Serta bisa berubah warna menjadi kehitaman jika sudah mengkal, tua atau matang. Hampir kesemua bagian tanaman ini mempunyai rasa yang pahit (selayaknya tanaman jamu yang lain), namun agak sedikit berbeda dengan habitat apotik hidup lain, doro putih bisa tumbuh dengan baik pada daerah kering maupun berbatu.

11 Manfaat Jamu Doro Putih Untuk Kesehatan

Tidak sedikit dari kalangan masyarakat yang belum tahu betul seperti apa itu tanaman doro putih. Hal ini disebabkan karena doro putih mempunyai nama panggilan berbeda setiap daerahnya. Untuk secara umum, doro putih dikenal dengan sebutan Bidara Laut (Bahasa Indonesia). Namun karena Indonesia kaya akan bahasa, tanaman ini juga dikenal dengan nama bidara pahit (pait), kayu ular, dara laut, dara putih (doro putih / bhs. Jawa), aju mapa, bidara mapai (bhs. bugis), Bidara gunong (Madura), Ai baku moruk, Maba putih, dan Elu (Bhs.Timor), Serta dikenal pula dengan sebutan Air betek, Ai Hedu, Dan Hau Feta (Bhs. Roti). Tidak hanya itu saja, nama asing lain bisa disebut pula (Nama Simplisia / Nama Latin) : Biji bidara laut, Ligustrinae Lignum, dan Ligustrinae Semen.

Apa saja kandungan senyawa kimia pada tanaman bidara laut (doro putih)? Pertanyaan ini tentunya sangat lekat dengan kebiasaan orang Indonesia yang selalu ingin tahu lebih lanjut. Dan masalah ini membuat kami mengumpulkan informasi yang lebih lengkap agar anda lebih paham seperti apa saja senyawa alami yang bisa ditemukan pada jamu herbal doro putih. Beberapa kandungan tersebut mencakup : Loganin, aßculubrine, mannosan, galactan, brucine, brucidine, vomicine, copper, strychinicine, strychnine, chlorogenic acid, tetrahydrostrychinine, tetrahydrobrucine, dan pseudostrychinine. Dari kandungan ini doro putih mempunyai beberapa sifat farmakologis yang mencakup sebagai analgesik, anti-inflamasi, antidote, diaforetik, antipiretik, dan anti-hipertensi.

Apa sudah ada penelitian tentang tanaman doro putih sehingga bisa dijadikan obat? Tentunya kami tidak sembarangan memberikan keterangan tanpa adanya referensi yang bisa dipercaya. Meski bukan kami langsung yang melakukan, namun penelitian tersebut sudah memperoleh banyak pengakuan dan mungkin akan menambah wawasan anda lebih dalam terkait doro putih. Beberapa penelitian tersebut ialah : (Lihat Juga : 7 Manfaat Jamu Xian Ling Untuk Kesehatan)
  • Supriadi, 1986 (Jurusan Farmasi, FMIPA UNHAS) : Meneliti tentang pengaruh hipoglikemik rebusan kayu bidara laut terhadap kelinci. Hasilnya ternyata dengan memberikan rebusan 5,10,15 dan 25% dengan takaran ml/kg bb, bisa menyebabkan penurunan kadar gula darah yang masing-masing 16,49%, 20,23%, 36,04%, dan 43,96%. Sedangkan pada pemberian tobultamid dengan takaran 250 mg/kg bb, menujukkan hasil penurunan kadar gula darah sebanyak 44,72%.
  • E.Y Sukandar, Ny.N.C Soegiarso, dan I.Payayuani (Farmakologi, Departemen Farmasi ITB) : Melakukan penelitian mengenai pengaruh infus bidara laut pada tikus putih Wistar. Penelitian ini untuk mengetahui efek anti-radang yang untuk meradangkan tikus menggunakan karagen. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang sama dengan pemikiran awal. Infus dari bidara laut dengan takaran tertentu mempunyai efek anti-radang yang cukup bermakna. Namun terdapat pula peringatan mengenai simplisia tertentu (termasuk doro putih) mempunyai kandungan striknina dan brusina. Apabila digunakan dengan takaran berlebih akan menyebabkan kaku pada leher, wajah, nafas pendek, kejang, dan dilatasi pupil mata. Yang terpenting pula ialah dilarang penggunaan dalam jangka panjang (waktu lama).

11 Manfaat Jamu Doro Putih Untuk Kesehatan

  1. Bersifat Analgesik yang kemampuannya bisa meredakan rasa sakit (penghilang rasa sakit)
  2. Bersifat Anti-piretik yang berguna untuk meredam panas tubuh (menurunkan demam)
  3. Bersifat Anti-Inflamasi yang mampu mengobati radang atau pembengkakan.
  4. Bersifat Anti-hipertensi yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah.
  5. Berfungsi Diafiretik yang berperan sebagai peluruh atau pelancar keluarnya keringat.
  6. Bersifat Antidote yang bisa menetralkan racun dalam tubuh.
  7. Membersihkan dan menyegarkan kulit khususnya wajah.
  8. Membangkitkan selera makan yang hilang
  9. Menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul, radang kulit bernanah dan kurap.
  10. Menyembuhkan sakit perut.
  11. Menurunkan kadar gula darah (mencegah diabetes atau kencing manis)

Bagaimana cara menggunakan doro putih untuk obat? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami sudah menyiapkan beberapa resep ramuan dan takaran yang dianjurkan. Untuk lebih singkatnya, mungkin anda bisa melihat langsung rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini.

# Untuk Menyegarkan Muka Atau Wajah :
- Bahan : 100 mg Kayu Bidara Laut, 10gr Daun Pegagan, dan 100ml air mendidih.
- Cara membuat bisa dijadikan infus atau diseduh sebagai jamu.
- Cara pakai dengan meminum sebanyak 100ml 1x sehari selama dibutuhkan.

# Meringankan Gejala Rematik :
- Bahan : 100mg Kayu Bidara Laut, 8gr Daun Jamu Mete muda, 2gr Biji Seledri, dan 100ml air.
- Cara Membuat ialah dengan menyeduh atau merebus semua bahan.
- Cara Menggunakan ialah diminum 1x sehari @100ml
- Untuk hasil maksimal bisa dikonsumsi selama kurang lebih 14 hari.

# Mengobati Penyakit Kulit (Kurap, Bisul, Dan Kulit Bernanah) :
- Bahan : 500mg Kayu Bidara Laut, 3gr Daun Ketepeng, 4gr rimpang Kunyit, Dan 50ml air hangat.
- Cara Membuat ialah dengan menghaluskan semua bahan dan campur hingga rata.
- Penggunaan ialah dengan menapalkan (membubuhkan) pada area kulit yang sakit.
- Agar Hasil maksimal, Kompres bisa diganti setiap 3 jam sekali.

(Baca Juga : 16 Manfaat Jamu Daun Beluntas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan)

Demikianlah ulasan yang bisa kami berikan terkait dengan 11 Manfaat Jamu Doro Putih Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu serta memberikan sedikit tambahan ilmu bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa sharenya ya...!!! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: