16 Manfaat Jamu Daun Beluntas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jamu Daun Beluntas sudah sangat tidak asing karena memang sering digunakan sebagai salah satu ramuan alternatif untuk melancarkan produksi ASI bagi kalangan ibu yang sedang menyusui. Jadi sangat tidak heran jika hingga kini daun beluntas masih eksis dan termasuk jenis herbal yang sering dibudidayakan. Nah, untuk mempelajari lebih lengkap apa saja manfaat serta khasiat jamu daun beluntas, berikut kami sudah merangkum beberapa keterangan singkat yang siapa tahu bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

(Simak Juga : 6 Manfaat Jamu Wantong Untuk Kesehatan)

Bagi anda yang belum tahu seperti apa itu daun beluntas, mungkin lampiran gambar yang sudah kami sediakan dibawah bisa sedikit memberikan pencerahan. Namun jika dilihat dari ciri-ciri, daun beluntas mempunyai bentuk daun kecil, bergerigi dan terdapat sedikit bulu halus pada bagian atas ataupun bawah. Sedangkan habitat hidup dari beluntas sendiri bisa tumbuh di segala area. Entah itu kering ataupun lembab. Umumnya dikalangan pedesaan daun beluntas dijadikan tanaman pagar dengan multi fungsi sebagai alternatif apotik hidup.

16 Manfaat Jamu Daun Beluntas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Daun beluntas tidak hanya dikonsumsi sebagai jamu (ramuan herbal), namun juga bisa dijadikan sayur lalapan yang sebelumnya dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Rasanya cukup unik dengan aroma khas sehingga bisa meningkatkan selera makan bagi anda yang sedang menjalani masa menyusui. Nah yang menjadi pertanyaan mengenai daun beluntas ini ialah : Apa saja kandungan dan manfaatnya bagi tubuh? Yuk kita cari tahu sama-sama dengan melihat paragraf singkat berikut ini!

Daun beluntas mempunyai kandungan berupa : Minyak Atsiri, Alkaloid, kalsium, fosfor, lemak, magnesium, tanin, flavonoid, asam amino, natrium, vitamin C, dan juga vitamin A. Dari kandungan tersebut anda sudah bisa memprediksi apa saja khasiat dari kandungan masing-masing senyawa atau zat alami yang dimaksud. Jika anda belum paham, mungkin ada baiknya simak sesaat manfaat daun beluntas menurut kandungan yang sudah kami sebutkan.
  • Asam Amino : Zat alami yang mendungkung penyusunan protein dan juga enzim dalam tubuh.
  • Vitamin C : Merupakan salah satu jenis vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh.
  • Minyak Atsiri : Dikenal juga dengan minyak eterik yang fungsinya terkait dengan tanaman itu sendiri. Biasanya sebagai salah satu bentuk pertahanan dari musuh.
  • Alkaloid : Senyawa netral ini mencakup beberapa senyawa didalamnya. Salah satu yang paling umum ialah sebagai antibiotik.
  • Kalsium : Zat ini sering sekali kita dengar dan biasanya tidak jauh dari kandungan susu. Sedangkan fungsinya terbilang sangat membantu dalam beberapa proses metabolisme tubuh seperti menjaga kepadatan tulang, kesehatan jantung, menghaluskan kulit dan lain sebagainya.
  • Fosfor : Zat ini bisa berpendar dalam gelap (mengeluarkan cahaya) jika anda pemancing, mungkin sedikit banyak sudah paham seperti apa itu fosfor. Salah satu zat kapur fungsinya bagi tubuh terkait dengan pertumbuhan tulang.
  • Lemak : Zat ini secara khusus menjadi sebutan bagi minyak hewani. Kegunaannya ialah sebagai sistem kekebalan dan cadangan makanan bagi tubuh.
  • Magnesium : Sama halnya dengan fosfor dan kalsium, zat ini mempunyai peranan penting yang baik untuk tubuh.
  • Natrium : Berperan sebagai penyeimbang cairan tubuh, menjaga kinerja jantung, kinerja syaraf dan juga menjaga metabolisme tubuh berjalan normal.
  • Vitamin A : Umunya senyawa ini banyak diperoleh dari jenis sayuran. Sedangkan fungsi utama ialah untuk menjaga kesehatan mata dan mengatasi masalah-masalah terkait.
  • Flavonoid : Merupakan senyawa tumbuhan yang biasanya berfungsi pada sistem pencernaan manusia. Keunggulan ialah sebagai antioksidan dan juga oksidasi rantai ganda DNA.
  • Tanin : Merupakan senyawa nabati yang berfungsi untuk menggumpalkan protein.

Nah, daftar diatas mungkin sudah bisa menjawab semua keingintahuan anda terhadap manfaat daun beluntas. Dan mengenai rasa, daun beluntas mempunyai tekstur lembut, beraroma khas serta bisa menambah selera makan jika anda konsumsi sebagai lalapan. Bagi anda yang ingin tahu lebih detail akan segala manfaat jamu daun beluntas, ada baiknya jika anda menyimak daftar ringkas yang sudah kami sediakan dibawah ini!

Manfaat Jamu Daun Beluntas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Menangkal Radikal Bebas
Daun beluntas diperkaya dengan kandungan vitamin C yang fungsinya cukup baik sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah tubuh dari serangan penyakit. Dengan antioksidan ini sistem imun tubuh menjadi lebih kuat, kebal akan serangan radikal bebas yang bisa merugikan tubuh khususnya dalam kategori kesehatan.

#2. Menjaga Kepadatan Tulang Dan Gigi
Dalam hal ini daun beluntas mempunyai dukungan dari Kalsium dan fosfor yang keduanya mempunyai peranan penting untuk pertumuhan tulang ataupun gigi. Dengan begitu kedua zat tersebut bisa mencegah anda dari beberapa penyakit yang diantaranya ialah osteoporosis (pengeroposan tulang), serta beberapa gangguan kesehatan lainnya.

#3. Menjadikan Mata Lebih Sehat
Beluntas mempunyai kandungan Vitamin A yang pada umumnya diketahui berkemampuan untuk menjaga kesehatan mata khususnya dalam ketajaman pandangan. Secara tidak langsung bisa juga mencegah penyakit mata lainnya seperti : Katarak, rabun, dan lain sebagainya.

#4. Menambah Selera Makan
Bagi kalangan orang yang sedang melalui proses pemulihan tubuh pasca sakit, mungkin sayur kukus daun beluntas bisa menjadi alternatif yang paling mudah untuk diterapkan. Sebab selain kaya akan gizi, daun beluntas bisa menambah selera makan yang sedang menurun. Jika makan anda lahap, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kesehatan tubuh lebih cepat kembali normal.

(Lihat Juga : 9 Manfaat Jamu Xirat Borobudur Untuk Kesehatan)

#5. Mencegah Sembelit
Jika dikonsumsi dengan benar, daun beluntas juga bisa mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan. Khususnya untuk mengatasi sembelit (susah BAB), serta pencegahan wasir dan disentri. Dan jika dikaitkan lebih lanjut, maka manfaat lain dari daun beluntas juga membantu memaksimalkan penyerapan sari makanan oleh tubuh.

#6. Membantu Menurunkan Demam
Daun beluntas mempunyai kemampuan anti-piretik yang kegunaanya cukup baik dalam meredakan demam atau suhu tubuh yang tinggi. Jika dikonsumsi secara teratur, tubuh anda akan lebih sehat serta bisa mengurangi gejala-gejala yang mungkin saja disebabkan oleh demam.

#7. Meringankan Gejala Panas Dalam
Tidak hanya baik untuk demam, beberapa kandungan yang terdapat pada daun beluntas akan membantu anda mencegah terjadinya panas dalam. Dalam hal ini anda akan lebih bebas dalam mengkonsumsi makanan tanpa harus mengkhawatirkan akan terjadinya panas dalam yang bisa disebabkan oleh jenis makanan tertentu.

#8. Melancarkan Produksi ASI bagi Ibu Menyusui
Manfaat ini yang sering menjadi pertanyaan bagi kalangan ibu-ibu yang sedang menyusui. Dan hal tersebut memanglah benar, sebab daun beluntas diperkaya oleh beberapa vitamin dan juga mineral sehingga produksi ASI yang biasanya terhambat akan lebih maksimal. Selain itu, jika ASI anda lancar maka asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh si bayi akan lebih terpenuhi.

#9. Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Organ Kewanitaan
Dengan adanya kandungan minyak atsiri pada daun beluntas, maka aroma yang ditimbulkan akan mengurangi bau yang tidak sedap disebabkan bakteri pada organ tertentu tidak bisa berkembang secara maksimal. Meski tidak bisa meredam 100% tapi paling tidak bisa membuat anda lebih nyaman karena bau yang ditimbulkan tidak begitu menyengat.

#10. Melancarkan Sirkulasi Darah
Daun beluntas juga mempunyai manfaat yang baik dalam mencegah terjadinya hipertensi (Tekanan darah tinggi). Sebab jika anda mengkonsumsi daun ini, maka peredaran darah dalam tubuh akan lebih lancar serta mencegah beberapa penyakit terkait dengan sirkulasi darah.

#11. Sebagai Antioksidan Alami
Selain mempunyai daya sebagai pencegah radikal bebas, antioksidan yang terdapat pada daun beluntas bisa mencegah pertumbuhan kuman serta bakteri jahat dalam tubuh. Secara tidak sadar anda mengkonsumsi makanan yang bercampur dengan bakteri, namun hal tersebut bisa diatasi dengan hanya memakan atau mengkonsumsi jamu dari daun beluntas.

#12. Mempunyai Sifat Sebagai Peluruh Keringat
Jika anda mengalami gangguan dengan keluarnya keringat, mungkin hal tersebut terjadi dikarenakan adanya masalah kesehatan ataupun dikarenakan pori pada kulit terjadi penyumbatan. Sebenarnya hal ini bisa anda atasi dengan berolahraga serta menggunakan jenis kosmetik tertentu agar kulit dan keluarnya keringat lebih lancar. Namun dikarenakan aktifitas yang masih padat, mungkin anda tidak sempat berolahraga atau melakukan perawatan kecantikan kulit. Nah maka dari itu, ada baiknya anda mencoba jamu daun beluntas (bisa juga dijadikan sayur) agar keluarnya keringat dari tubuh lebih maksimal.

#13. Mencegah Dan Mengatasi Keputihan
Diatas kami juga sudah menjelaskan bahwa anti-bakteri pada daun beluntas bisa mengurangi penyebab dari keputihan pada kalangan wanita. Selain itu, aroma khas yang hampir serupa dengan daun sirih bisa meredam adanya bau kurang sedap pada organ kewanitaan yang sudah pernah kami maksud.

#14. Mencegah Penyakit TBC
Secara tidak sadar ada beberapa kebiasaan yang membuat kesehatan tubuh kita terganggu. Tidak terkecuali juga penyakit TBC atau gangguan kelanjar leher. Namun hal ini bisa dicegah serta diminimalisir gejalanya dengan hanya memanfaatkan apotik hidup di lingkungan sekitar.

#15. Menstabilkan Siklus Haid
Tidak sedikit dari kalangan wanita yang mengeluh jika datangnya haid terlambat. Hal tersebut bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya ialah gangguan kesehatan, genetik, dan juga obesitas. Dan dalam hal ini anda bisa mencoba manfaat jamu daun beluntas agar siklus atau haid anda lebih lancar, stabil serta teratur.

#16. Mengembalikan Stamina Tubuh
Daun beluntas akan menjadikan tubuh anda lebih bugar. Hal tersebut dikarenakan bahan alami ini bisa mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan pegal linu, sakit pinggang, rematik, dan lain sebagainya. Didukung pula oleh lancarnya peredaran darah sehingga tubuh anda lebih sehat secara optimal.

Bagaimana cara membuat jamu daun beluntas? Nah, untuk mengkonsumsi daun yang umum dijadikan tanaman pagar ini. Anda bisa mengambil pucuk daun muda kemudian dikukus. Selanjutnya bisa langsung dimakan dibarengi dengan sambel. Atau bisa juga dengan mengolah sebagai jamu yang bisa dipadukan dengan temulawak. Langkahnya cukup siapkan 1 genggam daun beluntas dan 1 ruas temulawak ukuran sedang. Haluskan keduanya dengan cara ditumbuk, tambah sedikit air hangat dan garam dan diperas sembari disaring agar terpisah dengan ampas. Terkahir minum selagi air masih hangat.

(Baca Juga : 7 Manfaat Jamu Xian Ling Untuk Kesehatan)

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sajikan tentang 16 Manfaat Jamu Daun Beluntas Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bisa membantu dan memberikan anda tambahan wawasan terkait dengan macam jamu herbal yang bisa didapat dari lingkungan sekitar. Jangan lupa like dan sharenya ya...!!! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: