37 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jamu Temulawak memang sudah dikenal secara umum dan paling banyak digunakan sebagai ramuan herbal guna menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tidak hanya dikalangan perkotaan saja, melainkan juga di pedesaan pun temulawak ini sering dijadikan obat tradisional yang khasiatnya tidak kalah dengan jenis rimpang yang lain. Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa saja fungsi dan kegunaan temulawak bagi kesehatan. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan informasi selengkap mungkin agar anda tidak bingung dan ragu lagi dalam mengkonsumsi jamu dari olahan temulawak ini. Untuk selengkapnya, yuk simak rincian yang sudah kami sediakan dibawah ini.

(Yuk simak Juga : 7 Manfaat Jamu hermuno Intoxic)

Temulawak adalah sejenis rimpang (akar) tanaman yang sudah sangat lazim dijadikan obat herbal karena memang berkemampuan cukup baik dalam mengobati jenis penyakit tertentu. Dari nama latinnya (Curcuma xanthorrhiza) atau (Curcumae Rhizoma), temulawak juga mempunyai begitu banyak nama panggilan seperti koneng gede dan temulabek. Rimpang ini banyak dibudidayakan di berbagai negara Asia Tenggara khususnya Indonesia, Malaysia, Filipina dan lain sebagainya. Untuk ciri sepintas, mungkin lampiran gambar yang sudah kami sediakan dibawah ini bisa sedikit membantu!

37 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Jamu Temulawak merupakan olahan alami yang terbuat dari rimpang temulawak. Biasanya pembuatan jamu ini juga dipadukan dengan bahan lain sehingga bisa memaksimalkan fungsi yang nantinya anda peroleh. Minuman ini bisa dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari, fungsi utama ialah sebagai penambah selera makan, anti-inflamasi, anti-kolesterol, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari begitu banyaknya manfaat yang anda peroleh dari temulawak ini, maka tidak heran jika rimpang ini dijadikan salah satu bahan baku pembuatan jamu oleh berbagai Perusahaan jamu di Indonesia. Selain mudah di budidaya, temulawak tahan akan segala cuaca sehingga bisa ditanam pada lingkungan basah ataupun kering sekalipun.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada temulawak? Nah, jika kami lansir dari wikipedia, terdapat beberapa senyawa alami pada rimpang yang satu ini. Diantaranya ialah kurkumin, minyak atsiri, zat tepung (pati), dan lain sebagainya. Dari kandungan ini, diperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya baik untuk eksehatan maupun kecantikan. Penasaran apa saja manfaat dari jamu temulawak? Berikut selengkapnya!

37 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

#1. Meningkatnya Kinerja Ginjal
Ginjal mempunyai fungsi untuk mengatur ekskresi yang tiada lain ialah sebagai alat pembuangan air seni. Jika terdapat gangguan pada organ ini, maka metabolisme tubuh akan terganggu seluruhnya. Sedangkan untuk berbagai permasalahan yang bisa terjadi pada ginjal ialah kencing batu (batu ginjal), dan juga gagal ginjal. Jadi karena hal tersebut, sangat penting sekali jika anda menjaga kesehatan ginjal secara maksimal.

#2. Sebagai Anti-Inflamasi (anti peradangan)
Anti-inflamasi mungkin kurang dikenal oleh sebagian orang. Sebab tidak banyak juga yang tahu akan inflamasi atau peradangan. Jadi disini kami mau menegaskan bahwa anti-inflamasi ialah anti radang atau anti pembengkakan pada tubuh. Entah itu radang pada kulit, tenggorokan ataupun anggota tubuh lainnya.

#3. Mencegah Dan Mengatasi Anemia
Anemia merupakan salah satu gejala kekurangan sel darah merah pada tubuh. Dampak yang biasanya muncul ialah tubuh mudah lelah, pucat, lemas, pusing, dan lain sebagainya. Agar anda terhindar dari yang namanya anemia, maka tidak ada salahnya mengkonsumsi jamu temulawak sebagai salah satu alternatif sederhana yang bisa anda terapkan.

#4. Meningkatkan Selera Makan
Temulawak mempunyai manfaat yang cukup baik dalam menaikkan selera makan anda yang sedang turun. Manfaat ini sangta cocok bagi anda yang mengalami penurunan selera makan pasca sakit. Nah, dengan mengkonsumsi jamu temulawak secara rutin, maka siap-siaplah lahap lembali dalam menyantap makanan.

#5. Sebagai Antioksidan Alami
Bagi anda yang belum paham akan fungsi antioksidan, mungkin tidak ada salahnya jika kami menjelaskan sedikit untuk anda. Antioksidan mempunyai kegunaan sebagai penangkal radikal bebas, menguatkan sistem imun dan juga menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Dengan adanya antioksidan pada temulawak ini, maka tubuh anda akan lebih kuat dan tidak mudah sakit.

(Lihat Juga : 9 Manfaat Jamu Cap Becak Untuk Kesehatan)

#6.Anti Kolesterol Jahat
Temulawak bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Kandungan lemak tinggi pada darah ini bisa menghambat sirkulasi dan bisa mengganggu kesehatan jantung. Bagaimana cara menstabilkan kolesterol dalam tubuh? Salah satu alternatifnya ialah mengkonsumsi temulawak sebagai jamu herbal.

#7.Bersifat Anti-Mikroba
Mikroba merupakan makhluk hidup kecil yang bisa menimbulkan masalah pada kesehatan. Sama halnya dengan bakteri, mikroba harus dibersihkan agar tubuh anda terhindar dari serangan penyakit tertentu. Selain sebagai pencegahan, temulawak bisa anda gunakan untuk membersihkan dan membunuh mikroba serta parasit dalam tubuh.

#8. Mencegah Sel Kanker
Jamu temulawak tergolong ampuh dalam mengatasi berbagai jenis kanker yang bisa berkembang dalam tubuh. Dalam hal ini kanker yang bisa diatasi dan dicegah secara alami dengan temulawak ialah : Kanker usus, kanker prostat, kanker payud*ra, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini dikarenakan pada temulawak terdapat kandungan kurkumin dimana fungsinya untuk menghentikan suplai darah pada pertumbuhan sel kanker. Jadi diambil kesmipulan bahwa curcumin tersebut bisa menghambat pertumbuhan kanker ataupun tumor dalam tubuh.

#9. Melancarkan Produksi ASI
Bagi kalangan ibu yang sedang menyusui, temulawak akan sangat membantu dalam melancarkan produksi ASI sehingga proses menyusui anda akan lebih optimal. Selain itu, kandungan antioksidan pada temulawak juga ikut andil dalam menjaga kualitas susu yang pada akhirnya akan berdampak baik bagi si bayi yang anda susui.

#10. Menjaga Kesehatan Liver (Hati)
Dalam hal ini temulawak mempunyai peranan penitng dalam menjaga kinerja dan fungsi hati dimana proses ini juga akan menghindarkan tubuh dari penumpukan racun. Hati mempunyai fungsi untuk menetralkan dan mengeluarkan racun yang masuk kedalam tubuh. Entah yang masuk dari makanan yang anda konsumsi ataupun yang lainnya.

#11. Mengatasi Berbagai Masalah Pencernaan
Jamu temulawak dipercaya sangayt baik dalam mengatasi perut kembung (kelebihan angin karena asam lambung), indisgetion, dyspepsia dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi ramuan ini, maka perut khususnya lambung akan terasa lebih nyaman dan bisa mengkonsumsi jenis makanan yang anda sukai.

#12. Melenturkan Otot Yang Kaku
Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa temulawak juga mempunyai manfaat yang cukup baik dalam mengatasi keletihan otot. Baik jika dikonsumsi oleh kalangan orang yang mempunyai aktifitas berat, rajin fitnes, dan kegiatan lain yang menuntut kinerja otot lebih maksimal. Jika anda mencoba konsumsi ramuan ini, maka masalah terkait dengan otot akan lebih mudah ditangani.

#13. Mengurangi Peradangan Sendi
Nah, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, temulawak mempunyai khasiat sebagai anti-inflamasi yang kegunaannya bisa mengatasi radang, bengkak atau sejenisnya. Jika anda mempunyai masalah terkait sendi khususnya yang mengalami peradangan, maka sudah pas jika anda mencoba ramuan dari rimpang temulawak.

#14. Mencegah Sembelit
Bagi anda yang kekurangan serat, sangat tidak mustahil jika anda mengalami susah BAB (sembelit). Hal tersebut karena tubuh kekurangan cairan yang pada akhirnya menjadikan feses atau kotoran mengeras sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan. Sembelit akan menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani. Sebab bisa saja menimbulkan efek lain (komplikasi) seperti ambeien, disentri, dan kegemukan (obesitas).

#15. Meringankan Gejala Pegal Linu
Pegal linu sering dialami oleh sebagian orang yang mmepunyai aktifitas berat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak terkecuali biasanya dialami oleh kuli bangunan, kuli panggul petani, dan lain sebagainya. Pegal linu berdampak pada kelelahan, tubuh menjadi lemas, serta dampak lain tubuh terasa sakit dan otot kaku semua. Nah, silahkan coba ramuan dari temulawak agar efek yang baik bisa anda rasakan.

#16. Mengobati Batuk
Jika dilihat dari jenisnya, batuk terbagi dengan jenis batuk kering dan batuk berdahak. Biasanya juga batuk ini dibarengi dengan panas dalam, flu, demam dan lain sebagainya. Guna menyembuhkan batuk yang anda derita, alternatif dari temulawak ini bisa menjadi solusi alami yang bisa anda coba.

#17. Membersihkan Jerawat Pada Wajah
Bagi kalangan wanita khususnya, jerawat menjadi suatu masalah yang sangat serius karena bisa mengurangi rasa percaya diri serta sedikit banyak akan sangat mengganggu penampilan. Terkait hal itu, jerawat juga menimbulkan peradangan, meninggalkan bekas berupa bercak hitam, serta membuat wajah terlihat sangat kotor dan kasar. Nah, disini temulawak bisa anda coba untuk merawat dan menjadikan wajah anda bersih terbebas dari gangguan jerawat.

#18. Mencegah Anemia
Dikarenakan penyerapan makanan yang anda konsumsi lebih maksimal, temulawak disini juga mempunyai khasiat untuk mencegah yang namanya anemia (kurang darah). Tidak hanya hal itu saja, melainkan jamu temulawak juga baik untuk melancarkan sirkulasi sehingga aliran darah lebih lancar serta bisa mencegah hipertensi (Tekanan darah tinggi).

#19. Melancarkan Haid Yang tidak Normal
Tidak sedikit pula kalangan wanita yang mengalami keluhan akan telatnya datang bulan. Hal ini karena siklus yang terganggu dan mungkin ada masalah yang anda alami pada organ yang dimaksud. Hal utama bisa dikarenakan obesitas atau hal lain yang tidak terduga sebelumnya. Nah, untuk mengembalikan datang bulan kembali stabil, temulawak mungkin menjadi salah satu solusi sederhana yang bisa anda terapkan.

#20. Membersihkan Darah
Darah kotor pada tubuh bisa menjadi pemicu beberapa timbulnya penyakit. Salah satunya ialah penyakit kulit seperti gatal, korengan, panu, dan penyakit lain yang berhubungan dengan kuman, virus, mikroba dan lain sebagainya. Dikarenakan temulawak mempunyai sifat anti-mikroba, mungkin akan sangat membantu bagi anda dalam membersihkan darah kotor (jamu bersih darah).

Nah, selain dari 20 daftar yang sudah kami jelaskan diatas. Terdapat pula manfaat lain yang bisa anda dapat dari jamu temulawak. Beberapa diantaranya ialah : Mengobati radang pada kantong empedu, mencegah terbentuknya batu empedu, meringankan gejala rematik, mengurangi nyeri (sakit perut) saat menstruasi, meringankan sakit kepala, mengatasi asma (sesak nafas), obat herbal untuk limpa, mengeluarkan angin dalam tubuh (masuk angin), mengurangi bau amis saat datang bulan, mencegah radang saluran pernafasan,
menyehatkan lutut dan sistem persendian, menurunkan lemak darah, obat terapi penyembuhan hepatitis (penyakit kuning), menyembuhkan bisul, membersihkan komedo pada wajah, menjaga dan meningkatkan mood, serta sebagai salah satu bahan yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan.

Apabila anda melihat semua daftar manfaat yang sudah kami sebutkan diatas, tentunya anda sudah tidak ragu untuk mengkonsumsi jamu yang terbuat atau berbahan dasar rimpang temulawak. Selain murah, aman karena alami, dan juga tidak memberikan efek samping meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

(Baca Juga : 27 Manfaat Jamu Cabe Puyang Untuk Kesehatan)

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 37 Manfaat Jamu Temulawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa membantu serta menjawab semua pertanyaan anda tentang khasiat jamu temulawak bagi tubuh. Jangan lupa baca juga artikel kami yang lain ya...!!! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: