17 Manfaat Jamu Bersalin Untuk Ibu Melahirkan

Manfaat Jamu Bersalin mungkin sangat dibutuhkan untuk mengembalikan stamina pasca melahirkan. Selain itu, jamu yang terbagi dalam 3 bagian ini mempunyai peranan penting dalam melancarkan ASI khususnya bagi ibu yang sedang menyusui. Khasiat Jamu Bersalin bisa anda dapat dengan mudah, sebab untuk jaman yang sudah serba canggih ini. Tidak sedikit dari pabrik jamu yang memproduksinya secara massal. Maksud kami menulis artikel ini adalah : Apa aman jamu bersalin untuk ibu melahirkan? Apa saja fungsi dan kegunaannya? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dibawah ini kami merangkum beberapa keterangan singkat. Siapa tahu bisa menjawab dan memberikan jawaban dari semua pertanyaan anda.

(Simak Juga : 7 Manfaat Jamu Curma HC 99 Untuk Kesehatan)

=> Apa Itu Jamu Bersalin?

Jamu Bersalin Adalah sejenis jamu yang memang peruntukkan bagi kalangan ibu yang sudah melalui proses kelahiran. Jamu ini sudah tersebar secara umum dan banyak di produksi oleh pabrik jamu dengan berbagai merek. Dan biasanya jamu bersalin terbagi dalam 3 jenis. Yang pertama ialah diminum dalam jangka waktu 10 hari pertama. Yang kedua ialah 10 hari sesudahnya, serta yang ketiga ialah diminum setelah 10 hari ketiga. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa jamu ini dikonsumsi dalam jangka waktu 1 bulan penuh yang masing-masing terbagi dalam 10 hari.

7 Manfaat Jamu Bersalin Untuk Ibu Melahirkan

Apa saja manfaat jamu bersalin bagi ibu menyusui? Nah, jika kami rangkum secara ringkas. Terdapat beberapa khasiat yang diantaranya ialah untuk mengencangkan otot-otot perut yang kendur, melancarkan produksi ASI, mengembalikan stamina yang terpakai pasca melahirkan, membantu proses pengerutan rahim, mempercepat proses penyembuhan luka dan juga membersihkan darah kotor dalam rahim. Guna melengkapi segala pertanyaan terkait dengan jamu bersalin, maka kami akan mencoba pertanyaan anda satu persatu secara lengkap :

#1. Apa Ibu yang Baru Melahirkan Bisa mengkonsumsi jamu bersalin?
Jika anda tidak mempunyai gangguan fungsi hati (seperti heptitis B atau penyakit kuning), maka ibu yang baru melallui proses melahirkan diperbolehkan mengkonsumsi jamu bersalin. Dan apabila anda mempunyai masalah dengan apa yang sudah kami sebutkan diatas, maka sebaiknya tidak meminum jamu ini. Tidak dianjurkan pula bagi anda yang mengalami komplikasi seperti rahim robek karena bisa memicu terjadinya konraksi berlebih.

#2. Secepat dan Sejauh Mana Ibu Melahirkan Bisa merasakan Manfaat Jamu Bersalin?
Tujuannya dari jamu bersalin tersebut ialah untuk membantu supaya proses nifas berjalan dengan jangka waktu yang lebih tepat. Jangka ini biasanya memakan waktu kurang lebih 40 hari setelah melahirkan.

#3. Bagaimana Jika Ada Jenis Obat Dari Dokter Yang harus dikonsumsi?
Langkah ini juga patut dipertanyakan. Jika proses kelahiran anda berjalan normal, mungkin tidak ada obat tertentu yang diresepkan dokter untuk anda konsumsi. Namun jika sesuatu yang diluar dugaan, pastinya anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menangani anda. Tanyakan bahwa apakah boleh anda mengkonsumsi jamu bersalin atau tidak. Jika mendapat ijin, maka disarankan untuk tidak meminum obat bersamaan dengan jamu yang dimaksud. Berilah jangka waktu antara 2 hingga 3 jam.

#4. Apa Saja Hal Yang Perlu Di Waspadai Supaya Tidak Terjadi Hal Buruk Pada Bayi?
Sebenarnya ada kalangan dokter yang bilang bahwa apa yang dikonsumsi Orang tua (ibu yang menyusui) tidak berpengaruh bagi bayi. Namun ada juga yang bilang jika segala sesuatu yang dimakan oleh ibu akan berakibat pada kesehatan si bayi. Nah jika mengambil jalan tengah, meskipun sedikit pasti ada efek atau dampak yang akan dirasakan oleh bayi. Sebab jamu yang anda konsumsi pasti akan keluar pada ASI. Salah satu contoh : Apabila bayi mengalami diare, berarti si bayi tidak toleran dengan jamu bersalin yang dikonsumsi ibunya. Lebih baik kurangi atau kalau bisa ditunda terlebih dahulu.

Apa saja bahan atau alat pendukung yang bisa digunakan oleh ibu sehabis melahirkan? Salah satu yang kami maksud sudah kaim bahas pada awal hingga petengahan artikel ini. Namun sebagai pendukung dan mencoba beberapa treatmen tradisional. Ada beberapa jenis olahan dan cara mengempiskan perut secara herbal. Salah satu treatmen tersebut bisa berupa : Param, Pilis, Tapel, Dan Juga Bengkung atau Stagen. Agar pengetahuan anda lebih lengkap (guna melakukan persiapan dikemudian hari), yuk lanjut baca artikel ini hingga selesai.

=> Apa Itu Pilis?

Pilis adalah sejenis ramuan herbal (bisa anda dapat pada beberapa produk jamu). Penggunaannya ialah dengan mengoleskan pada dahi sehingga memanjang dan menutupi keseluruhan. Manfaat yang bisa anda dapat berupa rasa pening yang hilang, menjaga kesehatan mata, mencegah naiknya darah putih pada kepala dan menyembuhkan sakit kepala. Pertanyaan terkait dengan pilis ini juga terbilang banyak. Karena banyak orang (kalangan ibu) yang tidak tahu persis akan dampak atau cara pemakaian yang benar.

#1. Apa saja Manfaat Pilis Bagi Ibu hamil dan melahirkan?
Untuk meraih manfaat dari pilis, sebenarnya agak meragukan jika diamati dari segi kesehatan. Pening (pusing) yang dirasakan ibu pasca melahirkan mungkin disebabkan oleh kurangnya porsi tidur (kurang istirahat). Salah satu obat terbaik yaitu cukupi tidur. Dan istilah naiknya darah putih pada kepala sebenarnya juga tidak anda.

#2. Apa saja yang menjadi Resiko Ibu melahirkan pada mata?
Ibu melahirkan mungkin akan mengalami beberapa gangguan yang terjadi pada mata. Masalah tersebut biasanya meliputi pandangan menjadi kabur. Namun gejala ini umumnya terjadi pada penderita tekanan darah tinggi atau peradangan pada indera yang dimaksud. Tips dalam mengurangi efek tersebut ialah dengan mengurangi konsumsi garam dan perbanyak tidur. Cara ini merupakan cara terbaik untuk melakukan pencegahan.

=> Apa Itu Param?

Salah satu ramuan pendamping bagi ibu melahirkan dikenal juga dengan param. Ramuan ini biasanya digunakan untuk seluruh tubuh (kesuali bagian perut keatas hingga dada) dengan mengoleskannya secara merata. Sedangkan manfaat yang bisa anda peroleh ialah untuk mengempiskan bengkak yang umumnya juga sering terjadi pada ibu habis melahirkan. Pertanyaan terkait :

#1. Apa Ibu Melahirkan Diperbolehkan Menggunakan Param?
Yang perlu anda perhatikan disini adalah tentang bagaimana kondisi kulit anda. Karena sifat hangat pada ramuan ini, mungkin kulit sensitif akan menimbulkan efek yang bisa saja negatif (memperburuk keadaan). Dan jika terlalu hangat, maka bisa saja membuat kulit anda terbakar sehingga anda harus memperhatikan betul-betul tatacara penggunaannya.

#2. Apa saja Manfaat Param Bagi Ibu Melahirkan?
Param mempunyai fungsi baik pada kinerja otot. Pemakaian secara tepat akan sangat membantu dalam mengurangi pegal yang terjadi otot-otot khususnya area tangan dan kaki. Dengan begitu, radang atau bengkak yang terjadi akan mengempis secara perlahan. Namun anda harus menghindari penggunaan pada daerah perut dan dada karena keduanya mempunya jaringan yang cukup lemah.

=> Apa Itu Tapel?

Tapel adalah campuran kapur sirih dan perasan air jeruk nipis yang sering digunakan untuk dibalurkan pada bagian perut. Sebagai ramuan tradisional, param sangat cocok diterapkan sebelum anda menggunakan bengkung atau stagen. Fungsi utama untuk mengurangi rasa sakit namun manfaat lainnya ialah untuk membantu proses pemulihan kondisi perut sehingga bisakempis dengan cepat. Pertanyaan yang berhubungan dengan tapel?


#1. Apa Boleh Ibu Melahirkan Menggunakan Tapel?
Ramuan tapel bisa anda gunakan apabila proses kelahiran anda berjalan secara normal. Namun jika anda melahirkan dengan cara operasi, maka sudah sepatutnya anda menghindarinya sampai luka pada perut dinyatakan membaik oleh dokter yang menangani anda. Jika anda masih bersikukuh untuk menerapkannya, tunggu hingga jangka waktu 2 minggu dan menghindari pemakaian pada area (luka) operasi.

#2. Seperti Apa Efektifitas Penggunaan Tapel?
Tapel berfungsi untuk menghangatkan perut sehingga mempercepat proses kontraksi yang pada akhirnya bisa membantu untuk mengeluarkan angin pada usus. Tak ketinggalan juga bahwa kapur sirih yang dipadukan dengan jeruk nipis bisa mencegah terjadinya selulit pada perut. Namun, jika jenis kulit anda tergolong sensitif dan terlalu banyak kapur sirih yang digunakan. Maka bisa saja menimbulkan luka bakar (lepuh) pada kulit. Manfaat lain dari tapel ialah membantu proses pembakaran lemak dibawah kulit. Dengan begitu kulit yang tadinya kendor (meregang) akan kembali kempis dan lebih cepat kencang kembali karena lemak mulai berkurang.

=> Apa Itu Bengkung Atau Stagen?

Pertanyaan ini merupakan salah satu dari beberapa pertanyaan yang sering muncul bagi ibu melahirkan. Bengkung merupakan suatu alat (terbuat dari kain) yang digunakan untuk melilit perut agar lebih cepat mengempis serta mencegah kulit perut bergerak lebih leluasa. Jika dilihat dari ukuran, mungkin bengkung mempunyai beragam jenis karena tubuh seseorang juga tidak mempunyai ukuran yang sama. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang sudah ada bentuk stagen yang praktis dan lebih mudah digunakan. Manfaat utama bengkung ialah untuk mengempiskan perut dan mengeluarkan angin pada rongga perut.

#1. Apa Semua Ibu Boleh Memakai Bengkung Setelah Melahirkan?
Jawabannya adalah boleh jika cara pemakaian yang anda terapkan benar. Stagen baik dipakai oleh ibu melahirkan dengan cara operasi. Sebab akan memberikan dampak baik dalam merapatkan luka sehingga cepat sembuh dan menutup. Untuk menggunakan bengkung sebaiknya dimulai dari bagian bawah luka operasi (setinggi panggul) sampai naik sedikit diatas bagian pusar. Jangan terlalu tinggi karena takut mengganggu kinerja lambung dan paru-paru.

#2. Apa Mengempiskan Perut bisa dengan bengkung saja?
Sebenarnya penggunaan bengkung hanya akan membuat perut terasa lebih nyaman. Namun cara yang lebih efektif untuk bisa mengempiskan dan melatih otot perut ialah dengan senam nifas. Jangan pernah tertipu dengan penggunaan stagen. Sebab selayaknya menggunakan penutup kepala setelah creambath, menggunakan bengkung akan membantu penyerapan tapel sehingga memaksimalkan pembakaran lemak pada bagian perut.

#3. Apa Bengkung Bisa Digunakan Sepanjang Hari?
Jangan pernah anda memakai stagen seharian penuh khususnya dimalam hari. Sebab kulit juga membutuhkan nafas agar tetap sehat dan tidak terjadi iritasi. Pakailah bengkung disiang hari (karena disaat itu anda dituntut untuk lebih banyak bergerak) dan lepas dimalam hari sebelum anda tidur. Agar hasil yang anda dapat lebih maksimal, pakai bengkung selama 3 bulan berturut-turut.

Kami sudah menjelaskan semua kebutuhan anda setelah melalui proses kelahiran. Jadi bisa diambil  kesimpulan, beberapa manfaat dari jamu bersalin ialah: Membersihkan rahim setelah melahirkan, melancarkan produksi ASI, mengencangkan kembali otot perut yang kendor, mengembalikan stamina tubuh, mempercepat proses pengerutan rahim, menyembuhkan luka, membersihkan darah kotor pada rahim, dan lain sebagainya. Tapi bagi anda yang masih belum paham, mungkin rincian dibawah ini mampu menjawab semua pertanyaan anda.

10 Manfaat Jamu Bersalin Untuk Ibu Melahirkan

#1. Menurunkan Berat Badan
Tidak menutup kemungkinan bahwa salah satu masalah yang sering dialami oleh kalangan ibu pasca bersalin ialah menaiknya berat badan secara drastis. Hal tersebut didukung dengan naiknya selera makan, penggunaan obat dan infus, serta melarnya kulit perut dikarena hamil. Dan untuk mengontrol kembali berat badan anda pada posisi normal, mungkin jamu ini bisa membantu.

#2. Mempercepat Pembersihan Rahim
Habis lahir tentu rahim tidak langsung bersih secara maksimal. Hal ini bisa memakan waktu lama serta membutuhkan treatmen khusus agar rahim anda lebih cepat bersih. Salah satu alternatif ialah mengkonsumsi ramuan herbal atau bisa juga berkonsultasi dengan bidan terdekat agar memperoleh obat yang sesuai.

#3. Menjaga Stamina Tubuh
Bagi kalangan orang tertentu, proses melahirkan akan memakan tenaga sehingga stamina tubuh terkuras. Untuk mengatasi kondisi tubuh yang lemah, lesu dan tidak bertenaga. Maka jamu bersalin sangat cocok untuk memulihkan tenaga dan menjadikan tubuh anda lebih bugar.

#4. Menambah Selera Makan
Meski takut gemuk namun anda harus tetap menjaga pola makan agar asupan makanan pada bayi bisa terpenuhi (melalui ASI). Dan disini jamu bersalin sangat sesuai bagi anda karena mampu menjaga selera makan sehingga anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi jenis makanan yang anda sukai. Tubuh anda sehat, bayi anda pun juga sehat.

#5. Mengembalikan Kekencangan Otot
Pasca bersalin umumnya otot-otot pada tubuh akan mengalami kendor dan terasa lemas. Khususnya jenis otot pada bagian perut, organ kewanitaan, dan seluruh bagian tubuh yang bekerja pada saat kontraksi. Agar otot anda kembali kencang, mungkin jamu bersalin sangat cocok untuk anda konsumsi.

#6. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang habis melahirkan. Apalagi anda baru pertama kali mengalami proses kehamilan dan bersalin. Jadi untuk mendukung lancarnya keluarnya ASI, jamu bersalin akan membantu proses anda menyusui agar asupan makanan yang dibutuhkan bayi bisa terpenuhi.

#7. Mempercepat Penyembuhan Luka
Pasca bersalin organ kewanitaan akan mengalami luka atau bisa juga karena operasi caesar. Nah disini jamu bersalin mampu mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka akibat proses melahirkan.

#8. Membersihkan Sisa Darah Kotor
Terkadang masih ada sisa darah kotor pada rahim sehingga menjadikan ibu merasa kurang nyaman dan tidak sehat. Agar rahim bersih secara total khususnya dari sisa darah, jamu bersalin ini bisa menjadi alternatif terbaik selain obat-obatan.

#9. Menambah Dan Melancarkan Aliran Darah
Sudah tidak kaget jika kalangan ibu (pasca lahir) akan mengalami kekurangan darah (anemia). Hal ini disebabkan oleh salah satu faktor yaitu pendarahan berlebih. Nah, selain mampu mendukung produksi sel darah merah, jamu bersalin juga cocok untuk menormalkan kembali sirkulasi darah dalam tubuh.

#10. Mengembalikan Bentuk Tubuh
Manfaat ini didukung oleh penurunan berat badan serta selera makan yang bisa terkontrol. Jadi bentuk tubuh yang awalnya melar akan kembali singset seperti sedia kala. Jika digunakan secara benar sesuai dengan anjuran, jamu ini mampu mengembalikan bentuk tubuh pada posisi sebelum anda hamil. Jadi tubuh akan terlihat lebih montok, singset dan lebih ramping.

(Baca Juga : 5 Manfaat Jamu Galian Putri Untuk Kecantikan)

Demikianlah ulasan singkat mengenai 7 Manfaat Jamu Bersalin Untuk Ibu Melahirkan. Semoga bisa membantu dan beguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!

Subscribe to receive free email updates: