45 Manfaat Jamu Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Kunyit sudah sangat familiar dan umum digunakan oleh kalangan masyarakat menengah kebawah. Sebab khasiat jamu kunyit tersebut tidak kalah dengan jenis obat farmasi yang sudah melalui proses pengolahan pabrik. Jika kami rangkum secara ringkas, kegunaan jamu kunyit diantaranya ialah untuk mencegah infeksi, menurunkan demam, radang sendi dan juga sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. Nah, bagi anda yang penasaran dengan apa saja fungsi jamu kunyit bagi kesehatan, berikut kami sudah mengutip dari berbagai sumber di internet. Siapa tahu bisa menjawab semua pertanyaan terkait dengan kunyit yang ingin anda ketahui.

(Simak Juga : 8 Manfaat Jamu Cap Wayang Untuk Wanita)

Kunyit atau yang dikenal dengan kunir adalah salah satu tanaman yang masih tergolong rempah (bumbu masakan) dan merupakan obat alami asli yang berasal dari Asia Tenggara. Kunyit mempunyai nama latin (nama ilmiah : Curcuma Domestica Val. / Curcuma Longa Linn. syn). Meski berasal dari Asia bagian Tenggara, namun obat herbal ini kemudian mengalami penyebaran hingga ke daerah Malaysia, Indonesia, Asutralia dan bahkan bisa ditemukan juda di Daratam Afrika. Bisa dipastikan hingga kini bahwa hampir semua setiap orang di Indonesia (khususnya pedesaan) dan India serta bangsa Asia lainnya masih umum mengkonsumsi tanaman rempah yang satu ini. Salah satunya ialah sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu herbal (berguna untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan).

45 Manfaat Jamu Kunyit Untuk Kesehatan

Jika anda amati dari klasifikasi, tanaman kunyit tergolong dalam kelompok rimpang (jahe-jahean). Kunyit dikenal dengan banyak sekali nama panggilan berbeda di setiap wilayahnya. Nama lokal tersebut bisa dikenal dengan sebutan turmeric (Inggris), kunyit (Indonesia & Malaysia), kurkuma (Belanda), kunir (Jawa), Konyik (Madura), koneng (Sunda), dan janar (Banjar). Tidak menutup kemungkinan pula bahwa kunyit mempunyai nama panggilan berbeda di wilayah tempat anda tinggal.

Apa saja kegunaan kunyit dalam kehidupan sehari-hari? Nah, jika anda memahami betul akan fungsi rimpang yang satu ini. Kunyit sering digunakan sebagai rempah dan tanaman obat (Jamu Tradisional). Rempah ini kadang digunakan untuk membuat jenis masakan bekuah, daging, dan menggoreng ikan. Tujuannya ialah untuk menghilangkan bau amis dan juga menambah citarasa makanan. Sedangkan jamu herbal ialah untuk merawat dan menjaga kesehatan serta tak luput juga ikut andil dalam dunia kecantikan. Dengan mengkonsumsi ramuan dari kunyit, maka tubuh akan lebih optimal dari segi metabolisme dan kinerja beberapa organ penting lainnya.

Apa saja kandungan senyawa kimia alami pada kunyit? Nah, dilansir dari Wikipedia, kunyit mempunyai kandungan yang sangat berkhasiat sebagai obat. Intinya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kandungan tersebut diantaranya berupa Kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, miyak atsiri yang terdiri dari keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, felandren, borneol, sabinen, dan sineil. Tidak hanya senyawa saja, melainkan kunyit juga diperkaya dengan mineral yang baik untuk tubuh. Mineral tersebut seperti Protein, karbohidrat, pati, lemak, Vitamin c, kalsium, Fosfor, dan juga zat besi. Dari kandungan tersebutlah diperoleh jutaan manfaat bagi kesehatan.

Apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan? Dengan adanya pertanyaan ini, maka disini kami berusaha untuk menjawab sebisa mungkin dan memberikan keterangan yang memang dibutuhkan oleh anda. Ringkasannya jamu kunyit berguna untuk mendinginkan badan, mencegah penggumpalan darah, melepas kelebihan gas pada usus dan lambung, mengobati gatal, menyembuhkan kejang, serta masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, bagi anda yang penasaran akan lengkapnya manfaat rimpang kunyit. Berikut sudah kami sediakan ulasannya!

45 Manfaat Jamu Kunyit Untuk Kesehatan

#1.Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
Kurkumin pada rimpang kunyit berfungsi sebagai antioksidan yang erat kaitannya dengan mencegah radikal bebas selaku penyebab dari munculnya sel kanker dalam tubuh. Beberapa jenis kanker yang bisa diminimalisir ialah kanker darah, hati, usus besar, dan kanker prostat. Kurkumin tersebut bisa melindungi organ yang sudah kami sebutkan dan bisa menghancurkan sel kanker secara perlahan. Jika anda mengkonsumsinya secara tepat dan rutin, maka tubuh anda akan sehat maksimal dan tercegah dari serangan kanker ataupun tumor ganas.

#2. Menjaga Stamina Tubuh
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, kurkumin merupakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan membuat daya tahan tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Dengan begitu tubuh lebih kuat, tidak mudah sakit dan stamina tubuh pun terjaga secara optimal.

#3. Mengatasi Peradangan
Kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah radang atau pembengkakan tubuh. Anti-inflamasi ini lebih kuat dibanding dengan jenis obat lain yang bisa anda dapat pada toko atau apotik. Efeknya tubuh anda akan lebih aman dan terhindar dari terjadinya peradangan. Hal ini sudah melalui uji (penelitian) dan kandungan minyak volatile pada kunyit menunjukkan sifat yang benar-benar ampuh dalam kategori farmakologis.

#4. Mengurangi Resiko Leukimia
Jika anda yang belum paham dengan leukimia, penyakit ini merupakan jenis kanker yang menyerang darah. Jadi bisa dibilang penyakit tersebut adalah kanker darah yang sangat berbahaya serta bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani secara serius. Pernyataan ini sudah melalui studi (penelitian) yang menyebutkan bahwa kunyit bisa menghambat dan mencegah perbanyakan sel yang dimaksud.

#5. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Penyakit ini terkait dengan jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini karena adanya kolesterol dan menghambat (mengganggu) kinerja jantung dalam mengalirkan darah pada seluruh tubuh. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan, jika tidak diobati bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, dan lain sebagainya. Manfaat kunyit khususnya pada kurkumin sangat membantu dalam mengatasi masalah tersebut.

#6.Mencegah Depresi
Stres dan depresi merupakan salah satu gejala karena menurunnya fungsi neutropik yang diturunkan oleh otak. Namun tidak menutup kemungkinan juga karena menyusutnya hippocampus dan area otak yang mempunyai peran dalam belajar serta mengingat. Nah fungsi kunyit disini ialah untuk membantu proses neurotropik sehingga bisa membantu dalam memberikan efek alami guna mencegah depresi.

#7.Mencegah Alzheimer
Penyakit ini masih ada hubungannya dengan kinerja otak. Alzeimer merupakan gejala kepikunan yang terjadi lebih cepat sehingga bisa mneyerang semua kalangan dan semua umur. Dari beberapa penelitian mengatakan, kurkumin yang terdapat pada kunyit dapat mengaktifkan gen yang memberikan kode antioksidan. Senyawa ini yang pada akhirnya melindungi dan menjaga kinerja otak menjadi lebih stabil.


#8. Mengontrol Kadar Gula Darah
Kunyit juga mempunyai peranan penting dalam menjaga dan mengontrol kandungan gula pada darah. Hal ini sangat erat kaitannya dengan pencegahan kencing manis yang salah satu pemicunya ialah kelebihan gula. Jika anda menderita diabetes mellitus, maka mungkin alternatif yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin.

#9.Bersifat Anti-piretik
Manfaat ini sangat cocok bagi anda yang mempunyai masalah dengan kondisi tubuh yang sedang demam. Sebab kunyit bersifat mendinginkan sehingga bisa menurunkan dan menstabilkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. Anak anda demam, maka silahkan berikan jamu kunyit untuk meredam panas tubuh tersebut.

#10.Melancarkan Mesntruasi
Bagi kalangan wanita, haid terkadang mengalami kendala dan datang secara tida normal. Jika halini terjadi, maka kemungkinan lain akan menimbulkan rasa nyeri dan sakit yang tidak tertahankan pada perut. Kunyit bisa mengurangi nyeri, mulas, mual dan melancarkan menstruasi yang tidak normal.

(Lihat Juga : 9 Manfaat Jamu Cap Kates Untuk Kecantikan)

#11.Mencerahkan Dan Menghaluskan Kulit
Dambaan setiap wanita untuk mempunyai kulit yang cerah, putih dan halus secara alami. Kunyit memberikan manfaat itu dan tidak sedikit pula yang menggunakan ramuan ini hingga kini. Selain lebih murah, aman dan nyaman ketika digunakan.

#12.Mencegah Kulit Kering Dan Menjaga Tetap Kencang
Bisa dibilang bahwa kunyit mempunyai sifat anti penuaan. Karena kunyit sangat berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit (mencegah kulit kering), dan membuat kulit tetap kencang serta awet muda. Jika anda mengkonsumsi jamu kunyit sebagai alternatif perawatan, maka tubuh anda akan terlihat lebih muda dari umur.

#13.Mengangkat Sel Kulit Mati Dan Flek Hitam Bekas Jerawat
Anda mempunyai keluhan dengan adanya penumpukan sel kulit mati atau bisa juga terdapat bintik noda hitam bekas jerawat pada wajah? Maka masalah ini bisa mengurangi rasa percaya diri anda secara maksimal. Kunyit mempunyai manfaat yang cocok untuk kulit dalam mencerahkan dan menyamarkan masalah yang dimaksud.

#14. Mengobati Sakit Perut
dalam hal ini biasanya termasuk dalam keadaan mual, mulas, maag dan juga kembung. Dikarenakan kunyit mempunyai sifat mendinginkan (jamu ademan), maka semua masalah lambung bisa diatasi yang beberapa diantaranya sudah kami sebutkan diatas.

#15. Menghentikan Diare Dan Sembelit
Kedua penyakit ini sangat berlawanan. Diare ialah murus dan sembelit ialah kondisi tubuh sedang dalam susah BAB. Namun penyakit ini bisa anda atasi dengan meminum jamu kunyit secara rutin hingga sembuh.

#16.Mengatasi Disentri
Masih ada hubungannya dengan sistem pencernaan, disentri merupakan suatu kondisi kesehatan yang bida dikenal dengan adanya lendir pada feses. Hal ini bisa karena feses yang terlalu keras atau karena faktor lain yang menjadi pemicunya. Tapi disini kunyit mempunyai manfaat yang cukup ampuh dan bisa mengobati disentri yang berkepanjangan.

#17.Menambah Dan Membersihkan darah
Darah kotor merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh polusi atau lingkungan yang kurang sehat. Salah satunya bisa juga karena asupan makanan atau pola hidup tidak sehat pada perokok. Imbasnya ialah akan muncul beberapa jenis penyakit kulit dan juga menimbulkan jerawat pada wajah. Kunyit bisa mengatasi anemia (kurang darah) dan juga membersihkan darah kotor secara alami.

#18. Menambah Selera Makan
Tubuh biasanya akan kehilangan selera makan ketika badan terlalu capek atau dalam keadaan masa pemulihan sehabis sakit. Nah, untuk mengembalikan kembali selera makan yang hilang tersebut, maka tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi jamu kunyit sebagai alternatif pengobatan.

#19.Mengobati Penyakit Kulit
Dalam hal ini banyak sekali jenis penyakit yang bisa disembuhkan menggunakan kunyit. Beberapa diantaranya ialah gatal-gatal, korengan, panu, kurap dan juga eksim. Hal ini karena kunyit juga mempunyai anti-biotik yang bisa membunuh kuman penyebab gatal-gatal tersebut.

#20. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini sangat cocok bagi anda kalangan ibu yang sedang menyusui. Karena kunyit berkemampuan untuk memperbanyak dan mendukung adanya produksi ASI. Paduan lain bisa juga anda tambahkan daun beluntas dan daun asam jawa.

Nah, selain beberapa manfaat yang sudah kami sebutkan diatas, terdapat pula khasiat lain dari kunyit yang diantaranya : Mengobati tifus, usus buntu, melancarkan proses persalinan (melahirkan), meringankan gejala keputihan, Sakit kepala, Sariawan, Mabuk kendaraan, menyapih bayi, morbili, Amandel, cangkrang, bengkak yang disebabkan gigitan serangga, nyeri sakit gigi (karena berlubang), membersihkan jerawat, Menyamarkan kerutan wajah atau garis halus, sebagai pewarna rambut alami, membersihkan minyak berlebih pada wajah, merontokkan bulu kulit, menjaga kesehatan ginjal, mata yang tidak tahan terhadap sinar, mencegah rambut rontok, membersihkan ketombe, menghaluskan kulit tumit dan siku (mencerahkan dan memutihkan), dan mencegah proses penuaan dini.

Bagaimana cara membuat jamu dari kunyit? Rimpang yang satu ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit khususnya yang berkaitan dengan beberapa hal seperti kinerja ginjal, kasus tertentu dengan keadaan mata tidak kuat akan sinar dan juga bau badan yang beraroma tidak sedap. Nah, untuk penggunaan kunyit yang paling efektif yaitu dengan mengolah sebagai jamu dan juga meminumnya sebagai jus kesehatan.


# Cara Membuat Jus Kunyit :
  • Ambil sekitar 1 genggam kunyit kemudian cuci dan potong kecil-kecil.
  • Parut atau blender dengan menambah sedikit air (secukupnya saja).
  • Rebus hingga mendidih namun jangan sampai berbusa.
  • Tambahkan sedikit garam dapur kemudian disaring (buang ampasnya).
  • Padukan dengan perasan jeruk nipis, gula dan juga madu.
  • Jus kunyit pun bisa diminum dalam keadaan hangat.
  • Agar hasil maksimal, usahakan meminum jamu ini selama 2 minggu berturut-turut.

# Cara Membuat Jamu Kunyit :
  • Siapkan sekitar 1 genggam kunyit dan 1 genggam pucuk daun asam jawa.
  • Cuci dan tumbuk keduanya hingga bertekstur lembut (jangan terlalu halus).
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya (tinggal 1 gelas saja).
  • Saring dan masukkan juga sedikit garam dapur.
  • Khusus untuk demam, anda bisa menambahkan juga kuning telur ayam kampung.
  • Minum selagi hangat 2x sehari selama seminggu atau hingga sembuh.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang sudah kami sebutkan diatas, kunyit ternyata juga mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa dampak kesehatan yang mungkin anda alami diantaranya :
  • Penurunan efek kemoterapi jika yang mengkonsumsinya merupakan pasien dari kemoterapi. Alangkah baiknya jika pasien tersebut tidak meminum jamu kunyit selama menjalani terapi.
  • Memicu penggumpalan darah dan hal ini berbanding terbalik dengan khasiat kunyit yang sebenarnya. Dikarenakan berpengaruh terhadap proses tersebut, maka akan terjadi suatu pendarahan. jadi bagi anda yang sedang mengkonsumsi obat antikoagulan disarankan untuk menghindari penggunaan kunyit.
  • Mengalami Gangguan Lambung bagi anda yang mengkonsumsi kunyit secara berlebihan. Hal ini karena kunyit juga mempunyai sifat pedas yang bisa mengganggu kinerja lambung. Jadi hindari juga mengkonsumsi kunyit dalam jangka waktu panjang.
  • Melancarkan Menstruasi yang berbahaya juga untuk ibu hamil serta menyusui. Sebab jika anda berlebihan dalam mengkonsumsi kunyit, maka akan menstimulasi rahim dan menodorong munculnya datang bulan.

(Baca Juga : 10 Manfaat Jamu Cap Payung Untuk Kesehatan)

Demikianlah ulasan singkat mengenai 45 Manfaat Jamu Kunyit Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami tulis ini bisa memberikan informasi yang memang benar-benar anda butuhkan!!! Jangan lupa dishare ya..!!!

Subscribe to receive free email updates: