8 Manfaat Jamu Uyup-Uyup Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Uyup-Uyup mungkin sudah sangat familiar dan dikenal oleh berbagai kalangan di daerah pedesaan. Sebab ramuan ini sudah digunakan secara turun-temurun dan merupakan jamu tradisional yang hingga saat ini masih eksis serta masih sering dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Khasiat Jamu Uyup-uyup dipercaya sangat ampuh untuk melancarkan produksi ASI bagi kalangan ibu yang sedang menyusui sehingga sangat membantu dalam menunjang pertumbuhan bayi yang baru lahir ataupun yang sudah berumur sekian bulan. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui secara detail tentang apa saja bahan atau komposisi yang dibutuhkan pada pembuatan jamu ini, maka pada kesempatan ini kami juga sudah merangkum rincian singkat mengenai apa saja bahan serta cara pembuatan yang juga kami dapat dari berbagai sumber di internet.

(Simak Juga : 7 Manfaat Jamu 7 Angin Untuk Kesehatan)

Jamu Uyup-uyup adalah jamu yang paling sering digunakan untuk meningkatkan produksi ASI pada kalangan ibu yang sedang menyusui. Jika mengulas sepintas mengenai jamu Uyup-uyup, nama lain dari ramuan ini dikenal dengan sebutan Gepyokan. Namun tidak hanya untuk ASI saja, melainkan jamu ini juga dipercaya bisa menghilangkan bau badan, mendinginkan perut serta masih banyak lagi manfaat lain jika dilihat dari bagian komposisi pembuatan. Nah maka dari itu, guna memperluas pengetahuan anda, dibawah ini kami akan memberikan rincian tentang masing-masing manfaat yang bisa didapat dari salah satu bahan. Sehingga dengan begitu anda bisa menerka sendiri mengenai apa saja khasiat serta kegunaan yang bisa anda peroleh jika mengkonsumsi ramuan herbal yang satu ini.

8 Manfaat Jamu Uyup-Uyup Untuk Kesehatan

Apa saja komposisi bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu gepyokan? Nah, jika dilansir dari Wikipedia. Jamu uyup-uyup terbuat dari berbagai bahan seperti empon-emponan (akar-akaran atau rimpang). Bahan ini terdiri dari Jahe, Kencur, Lengkuas (laos), daun katu, cabe puyang, temugiring, kunyit (kunir), dan juga bangle. Dari bahan ini juga anda memperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya sangat baik bagi tubuh serta tidak ada efek samping yang bisa anda rasakan. Jika dibahas dari satu persatu bahan, kesemuanya mempunyai khasiat masing-masing ikut andil dalam menjaga kesehatan tubuh secara maksimal. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak rincian berikut :
  • Jahe : Jahe mempunyai kandungan senyawa kimia alami seperti minyak atsiri, zingiberol, gingerol dan lain sebagainya. Hal ini sangat memberi manfaat untuk menghangatkan tubuh, mengatasi meriang, melancarkan peredaran darah (mencegah hipertensi), melancarkan pencernaan, dll. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat sumber artikel (Manfaat Jahe)
  • Kencur : Kandungan senyawa pada kencur berupa asam anisat, alkaloid, minyak atsiri, etil ester, dll yang berfungsi untuk mengobati keseleo, menghentikan diare, menyembuhkan sakit perut (mual dan mulas), meringankan batuk, obat herbal sariawan, dan mengembalikan stamina tubuh yang kurang fit. (source : Manfaat Kencur)
  • Lengkuas : Senyawa alami pada laos terdiri dari kamfer, eugenol, galangin, pinen, flavonoid, sineol, dll. Berkhasiat untuk meredakan rasa sakit (analgesik), melancarkan saluran kemih, menambah selera makan, mengatasi gangguan lambung, meningkatkan kinerja ginjal, menurunkan demam, obat batuk, menghentikan diare, sariawan, rematik, dan obat herbal untuk berbagai jenis penyakit kulit. (sumber : Manfaat Lengkuas)
  • Daun Katu : Herba yang satu ini berkhasiat sebagai pelancar ASI, antioksidan alami, menyembuhkan bisul, menurunkan demam, membantu pembentukan kolagen, menyembuhkan influenza, dan membersihkan darah kotor.
  • Cabe Puyang : Tanaman ini dikenal juga dengan sebutan cabe jawa yang mempunyai manfaat untuk mengatasi meriang, menyembuhkan beri-beri, meringankan sakit perut, mengurangi rasa nyeri (khususnya otot), melancarkan sirkulasi darah, mencegah anemia, mengobati sesak nafas, bronkitis, mengatasi flu (pilek), dan mengurangi gejala sakit kepala (pusing, migrain, pening).
  • Temugiring : Bahan ini tergolong dalam jenis rimpang yang mempunyai fungsi obat sebagai penyembuh penyakit kulit, mengurangi bau mulut, menyembuhkan luka, menjaga berat badan (melangsingkan tubuh), menyehatkan sistem pencernaan, dan juga cocok untuk obat cacingan (mengeluarkan cacing dalam tubuh).(source : Khasiat Temu Giring)
  • Kunyit : Rimpang kunir paling sering digunakan dalam berbagai ramuan herbal populer. Beberapa manfaat yang bisa didapat ialah sebagai pencegah kanker, mengurangi memar, mendinginkan tubuh (menurunkan demam), menghentikan pendarahan, meringankan sesak nafas (asma), dan juga membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.
  • Bangle : Rimpang ini bermanfaat untuk mengatasi radang (pembengkakan), mencegah obesitas (kelebihan berat badan), melancarkan sistem pencernaan, meredam rasa sakit (analgesik), mencegah perut kembung, menurunkan demam (anti-piretik), meringankan sakit kepala, menunda penuaan dini, dan juga membantu mengeluarkan cacing dalam tubuh (obat cacingan).

Nah, jika anda melihat dari masing-masing manfaat bahan diatas. Pastinya anda sudah bisa menebak sendiri bahwa begitu dahsyatnya khasiat jamu yang satu ini. Namun dari sekian banyaknya para ibu yang bertanya, maka tidak ada salahnya jika kami tulis juga manfaat dari paduan berbagai bahan (jamu gepyokan) ini. Berikut selengkapnya :

8 Manfaat Jamu Uyup-Uyup Untuk Kesehatan

#1. Menghangatkan Tubuh
Nah, bagi anda yang sedang merasakan meriang, masuk angin dan juga menggigil. Maka sudah sangat pas jika mengkonsumsi jamu yang satu ini. Karena paduan jahe didalamnya akan membuat tubuh anda hangat dan terhindar dari gejala masuk angin.

(Lihat Juga : 7 Manfaat Jamu Apusirih Untuk Wanita)

#2. Melancarkan Produksi ASI
Manfaat ini sangat cocok bagi anda kalangan ibu yang sedang menyusui. Sebab ASI merupakan makanan utama bayi yang sangat perlu dijaga kualitas dan produksinya. Jika ASI anda tidak lancar, maka tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi ramuan herbal yang satu ini.

#3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Tidak hanya untuk mencegah diare, sembelit atau yang lainnya. namun jamu uyup-uyup juga terkait dengan pencegahan penyakit lain seperti wasir (ambeien), dan juga menjaga kesehatan usus, lambung serta alat-alat pencernaan tubuh lainnya.

#4. Mengeluarkan Cacing Dalam Tubuh
Anak anda cacingan? Sudah pas sekali jika anda memanfaatkan jamu gepyokan. Sebab didalamnya terdapat bangle dan temugiring yang fungsinya terbilang baik dalam membasmi cacing dalam usus sehingga penyerapan makanan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih lagi pertumbuhan anak anda tidak akan terganggu.

#5. Kaya Akan Antioksidan Alami
Dalam hal ini antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas, menguatkan daya tahan tubuh (sistem imun) dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker serta tumor dalam tubuh. Jadi jamu gepyokan ini sangat cocok untuk menjaga kesehatan tubuh secara maksimal.

#6. Menurunkan Demam
Jika dilihat dari beberapa bahan diatas, jamu ini juga bersifat anti-piretik yang ampuh untuk menormalkan kembali suhu tubuh yang tinggi. Lebih tepatnya sangat cocok untuk menurunkan demam untuk kalangan anak-anak.

#7. Melancarkan Sistem Pernafasan
Terbilang sangat ampuh karena mengandung ramuan jahe, lengkuas dan kencur yang kesemuanya bisa menyembuhkan penyakit asma. Selain itu manfaatnya juga terkait dalam menangani batuk, menyembuhkan influenza, dan juga sakit tenggorokan.

#8. Mengurangi Bau Mulut Dan Bau Badan
Keringat dan kotoran yang tersisa pada gigi akan menimbulkan bau yang kurang sedap bagi tubuh. Oleh karena itu, paduan dari berbagai bahan diatas bisa anda gunakan untuk mengurangi aroma yang tidak sedap tersebut dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa anda dapat jika melihat dari komposisi yang sudah kami sebutkan diatas. Nah, yang menjadi pertanyaan lanjutan disini adalah : Bagaimana cara membuat jamu uyup-uyup atau gepyokan? Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut kami juga sudah menyediakan resep sederhana yang siapa tahu bisa membantu anda dalam meraciknya sendiri dirumah.

Pertama anda cuci bersih semua bahan kemudian iris tipis (bahan yang berupa rimpang). Kemudian tumbuk kasar bahan tersebut dan dicampur dengan air matang hangat. Peras dan saring pada wadah sehingga memperoleh jamu yang halus dan lebih mudah untuk diminum. Sedangkan bagi anda yang tidak suka pahit, bisa juga dengan mencampurkan gula (kalau bisa gula merah / gula aren). Untuk komposisi lanjutan bisa anda sesuaikan dengan selera. Minum 2x sehari sore dan malam hari dengan porsi 1 gelas untuk sekali konsumsi.

(Baca Juga : 20 Manfaat Jamu Brastomolo Untuk Kesehatan)

Demikianlah ulasan singkat mengenai 8 Manfaat Jamu Uyup-Uyup Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami bahas ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Sekian dari kami dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: