33 Manfaat Jamu Pahitan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jamu Pahitan Mungkin sudah umum dan banyak dikenal oleh kalangan masyarakat di pedesaan. Sebab pada dasarnya jamu ini menggunakan bahan herbal yang kesemuanya berasal dari alam yang memang bahan tersebut sangat mudah didapat serta bisa diracik atau dibuat sendiri dirumah. Namun bagi anda yang males atau enggan membuat sendiri, mungkin dengan membeli jamu gendong (dijajakan) oleh penjual jamu keliling merupakan salah satu langkah untuk memperoleh khasiat dari jamu pahitan tersebut. Nah, bagi anda yang belum paham akan segala fungsi dan kegunaan jamu ini, maka dengan membaca artikel singkat yang sudah kami sediakan dibawah ini bisa saja sedikit banyak akan membantu untuk menambah wawasan sehingga tidak dengan mudah melupakan tradisi sehat yang sudah diturunkan oleh nenek moyang kita.

(Baca Juga : Manfaat Jamu Obaku Untuk Pria)

Jamu pahitan diracik dari daun dan juga rimpang yang bahan-bahannya sangat aman da nyaman meski dikonsumsi setiap hari. Bisa diambil kesimpulan bahwa ramuan ini tidak mempunyai efek samping sedikitpun sehingga tubuh anda akan sehat dan bugar secara alami tanpa harus berpikiran buruk akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Nah, apa saja bahan yang digunakan? Tentunya anda tidak perlu lagi mencari informasi lain karena disini kami akan merangkum secara detail, ringkas, dan bisa langsung anda persiapkan untuk memulai membuat sendiri racikan atau resep jamu pahitan ini dirumah. Untuk lebih singkatnya, mari kita simak sama-sama beberapa kalimat singkat berikut ini!

33 Manfaat Jamu Pahitan Untuk Kesehatan Tubuh

Jika dirangkum secara ringkas, jamu pahitan dibuat dari temulawak, sambiloto, daun mimba, temu ireng, brotowali dan lain sebagainya. Dari berbagai bahan tersebut, manfaat jamu pahitan dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel tumor dan juga kanker dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, khasiat lain dari jamu pahitan juga bisa menjaga kebugaran tubuh dan merawat stamina agar tidak mudah drop meskipun dalam keadaan tubuh kurang fit atau sedang dalam pergantian musim yang biasanya membuat tubuh lemah dan mudah sakit. Nah, dari sini saja mungkin anda sudah tertarik untuk lebih mengetahui secara lengkap apa saja manfaat jamu pahitan bagi kesehatan tubuh.

Mengutip dari khasiatq.blogspot.com, ada beberapa manfaat dari masing-masing bahan yang digunakan dalam resep jamu pahitan. Salah satu contohnya ialah mimba, sambiloto, temu ireng, temulawak, dan brotowali. Nah, untuk lebih lengkapnya, mungkin rincian-rincian berikut ini bisa sedikit membantu dan memberikan jawaban dari semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

33 Manfaat Jamu Pahitan Untuk Kesehatan Tubuh

#1. Mencegah Diabetes
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan gula darah, mungkin jamu pahitan merupakan salah satu solusi yang paling mudah dan murah untuk anda terapkan. Jamu pahitan dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi kencing manis dan menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam darah. Jadi diambil kesimpulan bahwa dengan kadar gula yang stabil, maka adanya kencing manis akan segera teratasi atau mungkin akan sembuh secara berkala. Maka dari itu, anda selaku penderita kencing manis lebih baik mengkonsumsi jamu ini secara rutin.

#2. Obat Cacingan
Tidak hanya bagi kalangan orang yang sudah lanjut usia saja, melainkan jamu ini juga sangat cocok bagi anak-anak yang juga dalam masa pertumbuhan. Sebab jamu pahitan bisa mengeluarkan cacing dalam lambung serta usus sehingga memaksimalkan penyerapan sari makanan dan mencegah busung lapar. Cacing dalam perut yang tidak segera dikeluarkan akan mengakibatkan seorang anak seperti kekurangan gizi yang cirinya bisa dikenali dengan buncitnya perut dan badan menjadi kurus.

#3. Meningkat Selera Makan
Anda pastinya banyak melihat iklan-iklan minuman sehat dan suplemen yang menyiarkan bahwa kandungan yang terdapat dalam produk tersebut dilengkapi dengan curcuma rhizomae. Nama latin ini tidak lain adalah temulawak yang juga terdapat dalam resep jamu pahitan. Temulawak memang sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami penurunan selera makan khususnya juga bagi kalangan orang yang baru sembuh dari sakit. Untuk menormalkan kembali, ada baiknya jika anda mencoba resep jamu pahitan sehingga selera makan kembali naik.

#4. Mencegah Penyakit Kanker
Masalah kanker dan tumor mungkin terdengar sangat menakutkan karena sering diperankan dalam film serta pada akhirnya akan menyebabkan kematian. Hal tersebut memang benar adanya, kanker membutuhkan penanganan khusus sehingga tidak menyebar dan mungkin sedikit kemungkinan bisa disebuhkan. Nah, ada baiknya jika anda melakukan pencegahan dibanding dengan pengobatan. Salah satunya ialah dengan mengkonsumsi jamu pahitan yang komposisinya sudah bisa anda persiapkan sendiri.

#5. Meringankan Gejala Flu
Penyakit flu atau pilek disebabkan oleh adanya virus dan juga alergi terhadap benda asing yang terdapat pada hidung. Tidak sedikit juga kalangan orang yang mengalami flu karena pergantian musim (disaat daya tahan tubuh lemah) serta suhu atau cuaca yang terlalu dingin. Bagi anda yang sedang menderita penyakit flu, coba minum jamu pahitan dan rasakan sendiri hasilnya.

#6. Mengatasi Gatal-gatal Kulit
Kandungan dari salah satu bahan yang digunakan dalam jamu pahitan mempunyai sifat anti-mikroba yang kemampuannya sangat ampuh untuk mengurangi gejala gatal yang terdapat pada kulit. Entah itu yang disebabkan jamur atau juga darah kotor. Dikarenakan kemampuan ini, tidak sedikit dari kalangan orang yang sudah membuktikannya.

#7. Mengatasi Radang Saluran Nafas
Radang atau bengkak bisa terjadi karena adanya infeksi atau hal lain yang mungkin saja menimpa anda. Tidak menutup kemungkinan radang tersebut menyerang noring (hidung) yang dampaknya sangat menggaggu dan membuat anda kesulitan untuk bernafas. Jamu pahitan bisa mengatasi masalah ini dan anda pun akan terbebas dari yang namanya radang saluran nafas.

#8. Mengatasi Sembelit
Pada dasarnya jamut pahitan bisa melancarkan saluran pencernaan. Dimana fungsi ini sangat terkait dengan pencegahan wasir dan juga sembelit (susah buang air besar). Jamu pahitan berfungsi untuk mencegah feses mengeras dan mengurangi penumpukan racun dalam tubuh.

(Cek Juga : 13 Manfaat Jamu Assalam Untuk Kesehatan)

#9. Meringankan Sakit Kepala
Bagi anda yang mempunyai aktifitas sibuk dan dituntut untuk bekerja menggunakan otak, tidak menutup kemungkinan bahwa anda pasti akan mengalami stres atau paling tidak pusing dikarenakan beban pikiran yang terlalau berat. Dan sakit kepala (pusing) tentunya akan sangat mengganggu sehingga membutuhkan penanganan khusus agar sakit kepala yang anda derita cepat hilang. Meski terbilang sangat banyak jenis obat kimia yang terjual di toko atau gerai obat, namun hal tersebut sangatlah tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Sebab bisa saja menimbulkan efek samping yang kemudian hari akan berdampak buruk bagi kesehatan. Nah, salah satu alternatif alami yang sangat aman untuk anda konsumsi ialah jau pahitan yang bahan yang digunakan berasal dari alam sehingga anda tidak perlu lagi memikirkan efek samping yang akan ditimbulkan.

#10. Mengatasi Perut Kembung
Perut kembung atau yang dikenal juga dengan kelebihan gas adalah salah satu gejala yang terkait dengan gangguan sistem pencernaan. Angin yang berlebih tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman serta bahkan membuat perut anda terasa melilit. Agar sistem pengelolaan makanan berjalan normal dan mengindari adanya penumpukan gas, jamu pahitan bisa mengatasi masalah ini dengan sederhana saja.

#11. Melancarkan Sistem Pernafasan
Terkait dengan pencegahan radang saluran nafas, jamu pahitan juga sangat baik untuk menyembuhkan sesak nafas yang gejalanya mungkin akan sangat mengganggu jika tidak segera anda tangani. Asma terkadang bisa kambuh ketika udara yang anda hirup mengandung banyak debu. Dan sebagai antisipasi agar tubuh anda terlindungi, ada baiknya jika selalu rutin mengkonsumsi jamu pahitan agar asma (sesak nafas) yang anda derita tidak mudah kumat.

#12. Bersifat Anti Inflamasi
Inflami atau peradangan bisa saja muncul dikarenakan adanya memar, infeksi, atau hal lain yang bisa menimbulkan bengkak. Radang ini bersifat sangat mengganggu sehingga bagian kulit yang terdapat radang akan terasa tidak nyaman atau bahkan mengurangi rasa percaya diri. Radang yang dimaksud tergolong juga seperti bisul, jerawat, dan lain sebagainya.

#13. Menurunkan Kadar Kolesterol
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan kolesterol, tentunya sangat baik jika anda mengkonsumsi jamu pahitan untuk menormalkan kembali kandungan lemak pada darah. Jika dikonsumsi secara rutin, maka kolesterol tinggi yang anda derita akan perlahan menurun atau bahkan bisa sembuh total.

#14. Mengobati Batuk
Meski tergolong dalam gangguan pernafasan, namun batuk biasanya akan lebih terasa pada bagian tenggorokan dan juga dada. Dampak yang ditimbulkan terkadang terasa sakit dan anda akan mengalami kesusahan bernafas. Nah, disini jamu pahitan mempunyai manfaat untuk menyembuhkan segala jenis batuk seperti batuk kering ataupun batuk berdahak.

#15. Meringankan Gejala Rematik
Rematik sangat umum dikenal dengan salah satu jenis penyakit tanda-tanda penuaan. Karena biasanya gejala rematik akan menimpa kalangan lansia yang sudah mempunyai umur diatas 40 tahunan. Tapi sebenarnya pemikiran tersebut salah, sebab bisa saja penyakit ini menyerang kalangan muda jika tidak menjaga kesehatan secara maksimal. Untuk dampak yang disebabkan biasanya muncul rasa nyeri pada persendian serta hal-hal lain yang jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kelumpuhan.

#16. Menjaga Kesehatan Kulit
Bagi anda golongan wanita, tentunya sangat senang jika mengetahui bahwa jamu pahitan ini sangat baik untuk merawat kulit tetap halus, cantik, dan terhindar dari masalah jerawat ataupun gatal-gatal pada kulit. Sebab jamu pahitan sangat cocok untuk membersihkan darah dari dalam sehingga segala masalah yang terkait dengan kulit akan bisa diatasi.

#17. Menjaga Stamina Tubuh
Banyak juga yang menyebut jamu pahitan ini dengan jamu pegal linu. Sebab dengan meminum jamu ini maka stamina akan kembali pulih serta bisa mengatasi pegal linu, badan yang terasa sakit semua, otot yang kaku serta hal lain yang disebabkan oleh tuntutan kerja berat. Minum jamu pahitan secara berkala maka tubuh akan kembali bugar dan stamina kembali normal.

#18. Mempercepat Penyembuhan Luka
Luka atau borok yang berkepanjangan biasanya menjadi suatu masalah kulit yang sangat menganggu. Luka akan sangat sulit sembuh jika keadaan darah dalam tubuh kotor atau bisa juga karena kadar gula darah sedang tinggi. Nah, salah satu solusi yang sepatutnya anda ambil ialah memanfaatkan jamu pahitan agar luka pada kulit anda cepat kering.

#19. Menjaga Kinerja Syaraf
Jamu pahitan mempunyai kemampuan yang cukup ampuh dalam menjaga dan mengembalikan kinerja saraf pada status normal. Jika anda mengalami masalah yang dimaksud, maka tidak ada salahnya jika mencoba alternatif dari jamu pahitan agar berbagai gejala pada gangguan sistem syaraf anda bisa teratasi.

#20. Antioksidan Alami
Jamu pahitan mempunyai manfaat yang cukup baik sebagai antioksidan yang kemampuannya sangat baik dalam menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun tubuh. Dala hal ini tubuh anda akan tetap sehat dan tidak mudah sakit karena sudah kebal akan serangan virus atau kuman yang bisa mengganggu kesehatan.

#21. Bersifat Anti-toksin
Jamu pahitan bisa mencegah dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Manfaat ini juga terkait dengan sistem pencernaan dan juga kinerja hati sehingga organ-organ yang termasuk bisa bekerja secara optimal. Dengan tubuh terbebas dari racun, maka kesehatan anda akan lebih maksimal serta membuat tubuh bugar dan tidak ada gangguan yang berarti.

#22. Mencegah Anemia
Anda pastinya sudah tahu betul apa itu anemia. Penyakit kekurangan darah ini menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya ialah pusing, lemah, cepat lelah, dan juga kulit dan wajah menjadi pucat. Hal tersebut karena tidak normalnya produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga secara tidak langsung tubuh akan kekurangan darah. Untuk mengatasinya, maka jamu pahitan merupakan cara terbaik yang bisa anda terapkan.

#23. Bersifat Diuretik
Diuretik atau pelancar saluran kemih sangat membantu bagi anda yang mempunyai masalah dengan saluran kencing. Terkadang bagi sebagian orang akan mengalami susah buang air kecil dan masalah tersebut bisa terjadi karena kekurangan cairan atau terdapat ganggua lain yang terkait dengan sistem tersebut. Nah, jamu pahitan bisa anda gunakan sebagai obat alternatif yang sangat ampuh dalam menjaga kesehatan saluran kemih.

#24. Bersifat Anti-piretik
Sama halnya dengan obat-obatan kimia yang bisa menurunkan demam, jamu pahitan juga mengandung zat alami yang cukup baik dalam menjaga suhu tubuh tetap stabil. Sangat cocok digunakan untuk menurunkan panas tubuh yang tinggi serta membantu memulihkan tubuh yang terserang demam.

#25. Mencegah Penuaan Dini
Nah, pastinya anda bertanya-tanya akan manfaat yang satu ini. Karena tidak hanya bagi kesehatan saja, melainkan jamu pahitan ini juga sangat baik bagi dunia kecantikan. Masih ada hubungan dengan kesehatan kulit, penuaan dini yang dimaksud adalah pengeriputan atau garis halus yang disebabkan oleh berkurangnya kelembapan kulit.

#26. Mengatasi Penyakit Kulit
Jika anda mempunyai masalah dengan gatal-gatal, korengan, kudis, atau hal lain yang disebabkan oleh jamur. Maka salah satu solusi yang bisa anda ambil ialah dengan mengkonsumsi jamu pahitan secara rutin. Jika anda berkala dan terus-menerus meminum jamu pahitan, maka semua jenis penyakit kulit yang dimaksud akan bersih dan sembuh secara berkala.

#27. Mencegah hipertensi
Tekanan darah tinggi terkadang menjadi suatu permasalahan serius yang sepatutnya segera anda tangani. Dampak dari hipertensi biasanya lebih cepat marah, emosi tidak terkontrol, dan hal-hal lain yang biasanya juga berujung pada pusing (sakit kepala) berlebihan. Minum jamu pahitan, maka peredaran darah akan lebih stabil dan aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

#28. Meringankan asam Urat
Hampir sama dengan rematik, asam urat menimbulkan gejala yang tidak baik bagi kesehatan. Jamu pahitan bisa mengurangi asam urat dan jika dikonsumsi secara teratur, maka penyakit yang anda derita ini akan berangsur sembuh.

#29. Menyembuhkan Sakit Gigi
Jamu pahitan sangat ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi. Cara penerapannya pun sangat sederhana, dan bisa juga dijadikan obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab dari sakit gigi. Minum secara teratur, maka sakit gigi anda akan sembuh total.

#30. Mengatasi Wasir Dan Disentri
Wasir dan disentri merupakan jenis penyakit yang tergolong pada gangguan sistem pencernaan. Wasir merupakan feses yang bercampur darah (dibarengi juga benjolan yang keluar dari anus) serta disentri yang mempunyai ciri feses bercampur dengan lendir. Sebagai obat herbal alami, jamu pahitan bisa mengatasi wasir atapun disentri jika dikonsumsi secara berkala.

#31. Mengobati Malaria
Malaria biasanya akan sangat gencar anda temuai ketika sudah masuk musim penghujan. Sebab penyakit ini sangat identik dengan nyamuk yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit malaria. Malaria bisa dicegah dan ditangani secara alami yang salah satunya dengan meminum jamu pahitan.

#32. Mencegah Infeksi Telinga
Sistem pendengaran anda terganggu? Salah satu langkah yang bisa anda ambil ialah dengan meminum jamu pahitan. Jika secara teratur, maka gangguan pendengaran anda akan berangsur sembuh dan kembali bekerja sebagaimana mestinya.

#33. Membersihkan Jerawat
Jerawat bisa ditimbulkan oleh banyak faktor yang salah satunya karena darah kotor. Jamu pahitan bisa membersihkan darah dan juga menjaga wajah anda terhindar dari serangan jerawat.

(Simak Juga : Manfaat Jamu Anik Untuk Kesehatan)

Demikianah ulasan singkat mengenai 33 Manfaat Jamu Pahitan Untuk Kesehatan Tubuh. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit pencerahan bagi anda yang tidak suka dengan pahit. Yang perlu anda tahu, sehat itu tidak perlu mahal karena semua tergantung keinginan kita serta memaksimalkan lingkungan sekitar yang kaya akan obat.

Subscribe to receive free email updates: